Dear felix.purn...@gmail.com

Kedua account tsb di akun yang sama atau tidak? asumsi saya ada di account
yang berbeda.

Maka jurnalnya

Dr. Bank XXX Rek USD
Cr. Bank YYY Rek IDR

Nilainya pake kurs yang disepakati oleh manajemen, biasanya yang dipakai
adalah kurs tengah BI yang berlaku pada tanggal tsb.

Intinya, karena kas masuk dalam kelompok ASET, maka ketika bertambah ada di
Debet, kalau berkurang ada di Kredit

Salam

ryan
PS : ingat pelajaran Kuadran Akuntansi, pake tanda T atau +