Ini pasti ucapan basa basilah, karena daerahnya menjadi konferesi harimau
sedunia, kampung saya juga sih. Memang harimau Bali sama sekali sudah tiada
keberadaannya dari muka bumi, bahkan tak ada kebun binatang yang
memiliki...untunglah "mereka" musnah, wong wilayah hutan Bali kan tinggal
sepotong dibagian Barat..ditambah sedikit didaerah bedugul (dalam bentuk kebun
raya)...terlalu sempit untuk populasi harimau..terlalu dekat dengan wilayah
manusia yang melebar terus.

Makanya saya bilang basa basi, wong ngak punya hutan atau rencana memperluas
hutan...yang ada memperluas wilayah pembangunan hotel dan vila.
==========
Pastika Menyesal Harimau Bali Punah
Senin, 12 Juli 2010 | 20:24 WIB
Robert Adhi Ksp/KOMPAS
I Made Mangku Pastika, Gubernur Bali

DENPASAR.KOMPAS.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan
penyesalannya yang mendalam atas punahnya Harimau Bali saat pembukaan pertemuan
pendahuluan mitra dialog pemimpin Negara-Negara yang di wilayahnya hidup
harimau alam (Pre Tiger Summit Partners Dialogue) 2010, di Nusa Dua Bali, Senin
(12/07/2010).

"Bagaimanapun dalam rangka memberi penghargaan terhadap keberadaan harimau,
saya harus mengungkapkan rasa penyesalan yang sangat dalam atas peristiwa
kepunahan salah satu dari sub species harimau yang ada di Bali oleh karena
Harimau Bali merupakan salah satu fauna yang pernah ada disini," ujar Pastika.

Pastika berharap hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi daerah-daerah yang
masih memiliki populasi Harimau untuk membuat upaya perlindungan agar terhindar
dari kepunahan. Selain itu Pastika juga menjadikan ini pelajaran untuk
melindungi spesies lain yang ada di Bali agar nasibnya tidak sama seperti
harimau.

"Kemusnahan Harimau Bali akan memotivasi kami untuk melindungi jenis tanaman
(flora) dan binatang (fauna) endemik Bali lainnya, termasuk binatang yang
menjadi ciri khas Provinsi Bali, Jalak Bali," tambah Mangku Pastika.

Bali sebagai tujuan Pariwisata kini mulai mengembangkan pembangunan lingkungan
untuk mewujudkan Bali sebagai Provinsi hijau. Pemerintah Bali sudah berkomitmen
untuk meminimalisir dampak pariwisata terhadap lingkungan.

Kirim email ke