halo pak Eko, coba menjawab, saya rasa untuk UNTR konsep Open = Low masih
terpakai karena Open = Low nya yang menjadi support pada hari itu (5600)
tidak terjebol sampai penutupan, Kecuali kalau dibuka Open = Low Rp 5600 dan
sempat naik ke 5800 lalu penutupan di tutup 5500 maka dapat kita katakan
Open = Low.

Sebenarnya konsep Open = Low , bila kita baca atau pelajari pada japanese
candlestick trading dinamakan Belt-Hold Line yang dalam bahasa jepang
bernama yukokiri yang isitilah tersebut ada pada sumo, dimana ketika seorang
pesumo dapat memegang cawat pemain lawannya maka akan di dorong hingga
keluar lingkaran. (ini cuma share seputar konsep awalnya saja) Dimana pada
Belt-Hold Line candlestick (bisa Open = Low bisa Open = Close) dapat
dijadikan sebagai acuan dalam menggambarkan keadaan pasar yang akan terjadi
reversal dari trend sebelumnya, dan akan lebih mujarab bila Belt Hold Line
tidak terjadi terlalu sering dalam kurun waktu jangka pendek / dekat.
Bagi saya sendiri penggunaan Open = Low memang suangattt sulit untuk dipakai
dalam keadaan market begini, wong dalam market biasa aja saya sering menemui
kegagalan dalam Open = Low koq apalagi dibuat intraday trading, mungkin
memang perlu jam terbang yang sangat tinggi untuk bisa menggunakan open =
low dengan baik dan benar tentu dengan tambahan lucky :D. Namun Open = Low
tetap menjadi sebuah signal yang baik disaat penurunan apalagi jarang
ditemui open = low pada emiten itu. Dan seperti UNTR sangat bagus sekali
kalau saya bilang formasi candlestick hari ini dan penutupan lalu nya hanya
saja jadi agak jelek gak jadi open = low dan close = high, hehehhe....

Mohon dikoreksi karena cuma newbie yang berkomentar

Kirim email ke