Permisi... saya sok tau lagi ye... hehehe..

Setuju... secanggih apapun suatu system digadang-gadang, seharusnya sulit
dipercaya kalau tidak proven dgn SOA si pengguna... seperti yg dicontohkan
mas Colonel.

Disisi lain banyak trader yang humble dan tidak mau menonjolkan
kesuksesannya apalagi ngunjukin SOA ke orang... jd kita yang harus pintar
memilih dari sekian banyak tawaran dan pilihan system itu...

Maksud sok tau saya tadi adalah coba menjabarkan nasehat pro yg mengatakan
TRADING IS MARATHON not A SPRINT ... atau TRADING BUKAN INSTANT, TAPI
BERPROSES... dan pemilihan AFL/System yg cocok dengan profile sang trader
adalah rangkaian dari MARATHON atau PROSES yg semestinya dilalui para
trader...

Bisa aja sih sang nubie dikasih system dari kursus atau ketemu sistem yg
bagus kemudian dgn sistem itu dia SPRINT ke SOA, tapi berapa lama proses
INSTANT begini bisa bertahan ? bukankah di milis2 banyak contoh nubie yg
merasa cocok dan merasa bisa untung dgn suatu sistem... tapi sekarang hampir
tidak terdengar lagi... saya prihatin kalau ada nubie seperti ini dan
parahnya dikompori sama senior hanya untuk memasarkan dagangannya... semoga
senior/trainer kita dagang dengan cara2 bermartabat, bukan dengan
iming-iming yg melenakan nubie.

RESULT/PORTOFOLIO yang kinclong salah satunya dihasilkan dari PROSES atau
MARATHON not A SPRINT to get INSTANT RESULT...
BTW... tanpa kita sadari sebenarnya kita sedang MARATHON dan berPROSES untuk
menjadi trader sukses... semoga, aamiin...

CMIIW dan nubie sok tau...

Regards,
ES

2010/9/5 <colonel...@yahoo.com>

> Numpang comment juga he he he
>
> Sebetulnya sistem apapun, fancy atau tidak, canggih atau sederhana,
> timeframe cocok dengan profile atau tidak BUKAN merupakan substansi dari
> pokok persoalan seorang trader.
>
> Menurut hemat saya,SUBSTANSI yang sebenarnya adalah apakah CUAN ATAU TIDAK.
> Kalau fancy canggih menarik tapi loss selama 6 bulan misalnya, ya percuma
> juga, sederhana tapi cuan dalam 6 bulan, that'good. Nah parameternya apa? Ya
> mudah saja, compare saja porto pribadi dengan index IHSG,LQ45,KOMPAS-100,
> [...]

Kirim email ke