Bagi saya termasuk, sangat disarankan jangan pernah main saham gorengan. Semua
saham gorengan predator retail, kalau ada yang cuan itu ga lebih karena hoki
atau memang bandar sedang mau naikin harga. Mainlah saham-saham yang blucip,
berfundamental bagus, dan kalau bisa main saham-saham BUMN. Bandar lokal kalau
mau macam-macam di blucip pasti ketemu lawan F yang tangguh.

Nah untuk tahu saham bagus, umumnya saham-saham yang masuk dalam daftar marjin
di BEI dengan nilai yang dapat dijadikan jaminan diatas 80 persen (haircut 20
persen).

Apa yang saya sampaikan bukan isapan jempol, saya punya teman,temannya adalah
grup bandar, dimana mereka dalam melakukan aksi ada kode-kode tertentu yang
disepakati dalam susunan bid offer,dan juga ada yang namanya penjatahan lot
diantara sesama grup mereka. Itu sebabnya anda bisa lihat kalau lagi di tarik
bisa berbarengan semua makan kanan, logikanya apa iya dalam tempo yang sama
dalam sepersekian detik ada 10 org yang punya pikiran sama makan kanan atas
sebuah emiten yang fundamental bisnisnya kecil atau bahkan lapkeu nya
rugi/minus?

Saya percaya senior-senior di sini juga banyak yang tahu hal ini. Kembali ke
soal TKIM, itu kan tjiwi kimia grup sinar mas, nah itu juga yang ngebandarin
anggota keluarga grup itu wkwkwkwk ( ini valid loh bukan mengada ngada ).

Jadi kalau ada orang yang bilang ke anda misalnya, saham XXXX gorengan bakal
naik dikerek dari 500 ke 1000, padahal kapitalisasi saham itu cuma 50 M-200
M...logikanya kalau betul informasi itu, saya pikir si pemeberi info gadai
rumah gadai mertua buy saja saham itu dan tidak perlu memberi tahu anda.

Semua hal kalau saham mau di kerek atau di banting, itu SUPER SUPER rahasia.
Contoh adro, itu insider trading,sudah turun 6 hari parah, baru release berita,
retail takut atas berita lalu sell, 3 hari kemudian naik lagi rebound wkwkwkwk
( bisa baca di blog saya www.stockfortuner.blogspot.com).

Semoga penjelasan ini bisa membantu kita semua agar lebih hati-hati dalam
bertransaksi saham. Perkara tetap mau main gorengan atau tidak tetap menjadi
keputusan anda masing-masing, saya hanya menjelaskan apa yang saya ketahui
faktanya ,supaya nereka yang pemula tidak terjebak loss. Begitu anda
loss,effort anda akan lebih sulit untuk bangkit.

Semoga bermanfaat, salam buat anda semua
Best Regards,

Colonel

" Change is the law of life. And those who look only the past or present are
certain to miss the future "