On 4/3/07, [EMAIL PROTECTED]
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Pak Ihsan,
>  Maksudnya sentral telepon itu telkom t?
>  Apa ada aturan jarak yang bagus untuk membuat suatu warnet?
>  Soalnya rumah saya dengan telkom jaraknya sekitar 5-6Km dan berencana
>  mendirikan warnet
>  Mohon advise....

Tentu ada jarak yang ideal karena modem adsl di rumah kita tersambung
dg sentral telepon otomat telkom. Noise/ derau yang tidak menjadi
masalah pada komunikasi suara bisa jadi membuat koneksi adsl
bermasalah. Tambahan pula jarak yang ideal ini menjadi tidak pasti
karena kondisi kabel yg terpasang berbeda-beda; ada yang sudah tua,
ada yang sudah lebih tua lagi.

Mengenai kondisi jaringan kabel di daerah anda orang lapangan telkom
mudah-mudahan bisa memberi info yang lebih detail. Tetapi setahu saya
telkom (jakarta dsk) saat ini menggunakan mitra kerja (outsourcing)
untuk pengaktifan speedy. Jadi sangat mungkin yang datang sesungguhnya
adalah bukan orang telkom yang mempunyai akses langsung ke sentral
telpon.

Cmiiw. Mohon dikoreksi kalau saya salah!

salam,
Ihsan.

--
---  http://www.desa32.com