> Saya membuka warnet kira2 4 bulan yg lalu tapi sampai sekarang
> pendapatanya masih minim belum bisa utk menutup biaya operasional

Saya juga baru 2 bulan membuka WarNet. Pada awal-awal buka, pendapatan
memang
masih minim, dan sempat nombok di akhir bulan. Tapi Alhamdulillah, sekarang
sudah
jauh meningkat dan sudah tidak nombok lagi, walaupun belum bisa membayar
Inves-
tasi yang sudah ditanamkan...

Ada beberapa pelajaran yang saya peroleh dalam mengelola Warnet, yang mudah-
mudahan bisa dimanfaatkan untuk anda.

1. Buatlah Warnet Anda "Exe Catching"
   Awalnya saya memasang Spanduk di teras lantai-2. Begitu spanduk saya
turunkan,
   pengunjung meningkat. Saya juga membuat Neon Box. Setelah dipasang,
pengunjung
   meningkat
2. Buatlah Warnet anda "dikenal"
   Harus anda sadari bahwa calon pengunjung yang potensial adalah yang
tinggal dan
   berada di sekeliling Warnet anda. Saya membuat "Leaflet" yang dicetak di
atas kertas
   A4. Dalam 1 lembar A4 ada 4 leaflet. Leaflet itu saya kirimkan ke setiap
rumah yang
   berada di sekeliling Warnet, tanpa terkecuali. Setelah melakukan hal ini,
pengunjung
   meningkat. Dan yang saya perhatikan, ternyata di luar perkiraan saya,
para orang tua
   juga berminat untuk ber-Internet. Sebelumnya saya pikir, hanya ABG-lah
calon konsu-
   men Warnet saya.
3. Buatlah Warnet "Tidak Menakutkan"
   Terus terang saya membangun Warnet dengan konsep yang High End. Mulai
bangunan,
   fasilitas, komputer dan seluruh pendukungnya, saya pilih yang High End.
Walaupun
   begitu, saya tetap memberlakukan tarif yang sama dengan Warnet lain yang
ada di
   sekitar Warnet saya. Ternyata, pengunjung "tidak berani" untuk masuk
karena kesan-
   nya: Mewah = Mahal. Saya tulis besar-besar Tarif per jam, dan ditempel di
kaca.
   Sejak itu, pengunjung meningkat tajam.
4. Berlakulah "Ramah"
   Pasti anda pernah membaca slogan "Pembeli adalah raja". Terapkan hal ini
terhadap
   pelanggan Warnet anda. Bersikaplah ramah dan siap membantu kalau ada
kesulitan.
   Jangan terlalu "mata duitan". Layani pelanggan sebaik mungkin, tanpa
berpikir berapa
   yang harus mereka bayar untuk layanan yang kita berikan.
   Dengan begitu, pelanggan merasa puas, dan akan kembali lagi.
5. Buatlah Warnet anda "Berbeda"
   Berbeda yang saya maksud adalah dari sisi Positif. Pelanggan saya
sekarang tahu bahwa
   Printer di Warnet saya adalah yang terbaik dibandingkan yang lain. Warnet
saya meng-
   gunakan Linux yang bebas Virus. Dan banyak lagi yang bisa membedakan
Warnet kita
   dengan yang lain.

Mudah-mudahan pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan
pendapatan
Warnet anda. Good Luck...

--
Warm Regards,
-ßenz-

... No Windows, No Gates, It's Open. No Bill, It's Free ...