Wa'alaikumus salam,

  Saya ingin membantu semoga bermanfaat, Saya jawab hal itu tentu
saja boleh, dengan dalil

  Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara-
saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan
janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap
orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh Engkau Maha
Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hasyr: 10).

  Tidaklah seorang muslim yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya
 ( sesama muslim ) yang berjauhan, melainkan malaikat mendoakannya
pula : "Mudah-mudahan engkau memperoleh kebaikan pula ". ( HR.
Muslim)

  Wassalam,
  Dani

  Marsudi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  assalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh,

Boleh kita sebagai umat islam mendokan orang yg sudah meninggal agar
diampuni dosa-dosanya ?

Karena kalo kita baca dalam sholat jenazah ada bacaan :
" Allohumaghfirlahu warhamhu wa'afini wafu'anhu"

Ini kan memintakan ampun bagi si orang yg sudah meninggal.
Kemudian ada juga doa yg sering dibaca oleh khotib jum'at :
" Allohumaghfirlil muslimin wal muslimat, wal mukminin wal mukminat
.........wal amwat dst.

Ini kayanya mendoakan memintakan ampun bagi orang yg sudah meninggal.

Mohon penjelasan dari ikhwan

mars

wa'alaikum  salam warohmatulloohi wabarokaatuh,

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM