ngeri amat,saya malah DSA nya yg nyuruh stimuno,piye to. Kalo produk
begitu bahaya kenapa gak ada beritanya ya?iklannya juga lumayan gencar

--- In Ayahbunda-Online@yahoogroups.com, Hilda Kurniasari
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> haii mommies...
> ada yang anaknya pernah dikasi stimuno gak?? aku lg bingung nih,
kmrn habis diceritain sama dokter ttg stimuno..katanya, mengandung
meniran yg gak blh dipake lama karna bisa merusak ginjal & t'lihat dr
anak jd srg kencing...Pdhal dah hmpr stgh tahun aku kasi obat itu sama
anakku, Fredo (5 th) & stlh kuperhatiin dia mmg lbh srg kencing dari
biasanya...karna cemas, kmrn aku cb search meniran, eh yg ketemu mlh
buat tmbh khawatir...gmn ini, aku jd takut, mhn sharingnya momss..thx
sbelumnya...

> salam...
> Hilda kurniasari,
> mamanya Fredo
>
> nih artikel yg aku dpt :
> Meniran : Terlarang bagi ibu hamil
> Meniran merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan
oleh masyarakat untuk obat. Menurut Heyne (1987) tumbuhan ini di
daerah Jawa disebut "meniran" lantaran bentuk buahnya seperti menir
(butiran beras). Tumbuhan ini merupakan terna semusim, tumbuh liar di
hutan, di ladang, semak-semak, sepanjang jalan, pinggir sungai,
pinggir pantai, tanah berumput, gembur atau berbatuan pada dataran
rendah sampai pada ketinggian 1.000 dpl.
> Meniran dilaporkan mengandung senyawa-senyawa kimia golongan lignan
antara lain, filantin, hipofilantin, niranin, nirtetralin dan
fitetralin. Beberapa senyawa lignan baru juga telah diisolasi dari
Phyllanthus niruri yaitu, seco-4- hidroksilintetralin,
seco-isoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin,
dibenzilbutirolakton, nirfilin, neolignan (filnirurin). Akar dan daun
Phyllanthus niruri mengandung suatu senyawa pahit dan beracun yang
digunakan sebagai racun ikan.Senyawa tersebut diduga merupakan suatu
alkaloida. Setelah diidentifikasi ternyata senyawa alkaloida tersebut
merupakan senyawa alkaloida baru yaitu, 4-metoksi-norsekurinin dan
ent-norsekurinin. Dilaporkan, akar dan daun Phyllanthus niruri kaya
senyawa flavonoid, antara lain, quercetin, qeurcetrin, isoquercetrin,
astragalin dan rutin (Nara, 1977). Di samping itu, dilaporkan pula
beberapa glikosida flavonoid dan senyawa flavonon baru. Dari minyak
bijinya telah diidentifikasi beberapa asam lamak yaitu, asam
>  ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat. Disamping itu juga
mengadung saponin, kalium, damar dan zat samak. Karena meniran
mempunyai kandungan utama senyawa golongan flavonoid dan glikosida
flavonoid, beberapa senyawa flavonoid tersebut memberikan efek
menghambat terhadap kerja enzim ksantin oksidase dan superoksidase.
> Untuk memanfaatkan meniran dalam pengobatan atau mengurangi
kelebihan asam urat dan batu ginjal diperlukan meniran (daun, tangkai,
akar) sebanyak (2,50 gr), jahe merah (25,00 gr), cengkeh (0,25 gr),
kulit manis (0,25 gr), pengawet Na.Benzoat (0,50 gr), dan gula merah
secukupnya. Cara pembuatan dan aturan pakai sama dengan pembuatan obat
dari tempuyung.
> Namun obat kelebihan asam urat berbahan meniran ini terlarang bagi
penderita kegagalan fungsi ginjal yang akut. Juga terlarang, pemakaian
obat ini untuk jangka lama, karena dapat mengakibatkan kerusakan
ginjal dan impotensia. Wanita hamil sebaiknya juga tidak mengkonsumsi
obat ini karena meniran dapat menggugurkan kandungan (aborfacieni).
Dalam proses pengobatan atau pencegahan kelebihan asam urat yang
menggunakan tempuyung atau meniran, pemeran utamanya adalah
senyawa-senyawa glikosida flavonoid dan flavonoid bebas yang terdapat
di dalam kedua bahan tumbuhan tersebut.
> Sedangkan bahan-bahan yang lainnya mengandung minyak atsiri seperti,
jahe, cengkeh dan kulit manis. Selain berfungsi sebagai pewangi dan
penyedap rasa, senyawa itu juga berfungsi sebagai pelindung hati
(hepaprotektor) dari bahan-bahan toksin yang dapat menimbulkan
kerusakan pada hati.
> Sumber: INTISARI, 2003
> Oleh: Dr. Chairul, Apt. Msc
> (peneliti fitokimia dan tumbuhan obat asli Indonesia di Puslitbang
Biologi, LIPI, Bogor).