  From: Nika Hanidhah
  To: Ayahbunda-Online@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, June 13, 2009 8:38 PM
  Subject: Re: [Ayahbunda-Online] About bayi 1 bln

        bantu dikit ya

        BANTAL PEYANG
        ada yg bilang perlu,ada yg bilang tidakperlu..
        kalau aku sih punya, karena beli 1 set
(tas,mantel,gendong,kasur,bantal,guling)
        kl pk bantal peyang,jeglong ditengahnya,biar kepala anak gak miring2
mbak..
        tapi kl dah 2bulan, anakku biasanya gakmau lagi.
        karena gak bebas nolehnoleh.

        BEDONG
        aku juga membedong asal hangat saja
        gak terlalu kenceng..
        karena mnurutku bedong buat penghangat sj
        masalah kakinya bengkok..emang ada gitu kaki gak bengkok???
        (coba cek kaki kita masing masing? apa ada yg lurus selurus
penggaris?)hehehe
        kl kaki bayi melengkung kedalam, karena kan posisi bayi dikandungan kan
spt bersila..
        jd ya spt itu bentuknya. lama-lama kan bentuknya juga normal kalau dah
mulai mau jalan

        BIAR PIPIS/POPOK GAK BLEBER
        kalau bayi-bayiku...
        kalau masih bayi kupakaikan popok plastik ikat.
        karena dia kan masih sering pup,kl pakai diapers kebayang btapa borosnya
        tiap kali pub ganti, 1 detik setelah ganti diapers kentut eh ampasnya
kluar dikiiiit ya harusdiganti,kan?
        nah dgn popok plastik ini sangat ekonomis.

        sebetulnya samasaja dgn popok kain biasa
        bedanya kl dilapisi popok plastik, pipis+pubnya gak kluar2...
        jd gak ada ceritanya rumah pesing...
        baju,selimut aman dr pipis...

        popok plastiknya juga bisa dipakai ulang
        tentunya setelah diguyur air, diangin2kan
        kl pingin cepet dipakai lg, setelah diguyur air
        dilap aja dgn handuk.
        kalau gak pingin buru-buru ngelap..beli aja yg banyak
        popok plastiknya kan murah bangets
        kl merek lemond* 5 lembarnya 13 ribuan -kl promo (belinya dimatahari)
        gak merek itu juga gakpapa
        merek tiepers,abby,ummy, apalah...malah lbh murah
        cuma 7000/8000 dapet 5 lembar
        kl bersihin popok plastiknya jangan kna sabun, nnati jd kaku
        kl kaku harus dibuang, kan kasihan bayinya

        plastiknya ini lentur,lembut
        gak bikin iritasi
        mutia-hatta termausk sensitif kulitnya
        gakpapa tuh pakai nya
        lagian bagian plastiknya kan gak langsung nyentuh kulit
        dia hanya membungkus luar popok kain sdg lampinnya

        kalau mau pakai popok plastik,
        lampinnya pakai saja popok yg sudah terlanjur dibeli.
        dilipat2...jadi deh lampinnya
        kalau aku emang sebelum hamil udah mikir manajemen popok
        (tidak bocor/ngompol, tidak pesing, bs dipakai ulang, hemat,murah)
        ya jatuh nya disitu: popok plastik ikat denagn lampin.
        lampinnya aku bikin sendiri
        beli kain tetra digunting sesuai kebutuhan, di neci pinggirnya
        tanpa tali spt popok umumnya, krn talinya tidak dibutuhkan.

        ohya cara pakainya sebetulnya sudah ada dikemasan popok plastik
        cuman ngingetin aja
        kalau pakaikan dibagian blakang itu popok kain/lampinnya dan
popokplastiknya
        harus dilipat kedalam, karena kan berlaku hukum kapilaritas
        kl gak dilipat, aliran pipisnya lama lama mrembet ke baju dll
        kalo kayak gini, kan jdnya gak berrfungsi ya

        selama ini aku terbantu dgn sistem perpopokan ini
        cocok ama kantongku
        secara mau beli popok yg keren2 itu kok gak kuat hehehhe

        ohya,mutia duu bertahan dgn popok ini smp usia 10bulan
        selanjutnya dah gak bs rapi, mobrot morot deh
        ehheheheh

        sekian

        mamut

Kirim email ke