Si Ceria dan Si Murung.
Seperti namanya Ceria mempunyai sifat periang,
selalu gembira, dan selalu tersenyum. Sebaliknya
Murung mempunyai perangai yang cemberut,
selalu sedih, dan jarang tersenyum. Suatu ketika
orang tua mereka berpikiran untuk membuat Si
Murung tersenyum gembira dan membuat Si Ceria
menjadi cemberut dan sedih.

Nah orang tua mereka mulai memikiran apa yang
menjadi kesenangan mereka !!!

Si Cemberut yang menginjak masa ABG sedang
terkena demam HP, jika pergi dengan teman-
temannya sering kali ia meminjam HP milik
temannya untuk menelpon. Kemudian orang
tuanya membelikan dia HP supaya dia menjadi
senang dan gembira.

Sewaktu cemberut pergi sekolah HP itu dibungkus
oleh orang tuanya dengan kertas kado yang bagus
dan diletakkan di kamarnya. Sewaktu Cemberut
pulang ia segera masuk ke kamarnya, dan ia
melihat ada kado di kasurnya. Dengan sigap ia
cepat-cepat membuka kado itu dan ia terkejut
sekali ketika di dalamnya berisi HP. Wajahnya
tersenyum, tapi tidak lama. Kemudian ia murung
lagi karena ia berpikiran kalau-kalau HP ini ia bawa
pasti teman-temannya akan banyak yang pinjam,
terus kalo rusak biayanya pasti mahal. Di
benaknya selalu muncul pikiran yang negatif,
sehingga kado HP itu menjadi beban baginya. Dan
yang keluar dari mulutnya adalah omelan-omelan
dan umpatan, bukannya terima kasih kepada
orang tuanya.

Si Ceria yang senang dengan kuda, diberi oleh
orang tuanya telepong kuda (kotoran kuda) dengan
harapan ia menjadi cemberut dan sedih.

Telepong (kotoran kuda) yang dibungkus dengan
menarik itu juga diletakkan di kamarnya. Sewaktu
Ceria pulang ia juga terkejut ada kado di
kamarnya. Dengan sigap ia membuka pula kado
itu. Ketika dibuka bau busuk keluar dari kado itu,
dan alangkah terkejutnya bahwa kado itu berisi
kotoran kuda. Mukanya menjadi kebingungan
sebentar. Dia berpikir, "Masa sih orang tuaku yang
begitu mencintai aku memberi aku kotoran kuda,
wah pasti ada sesuatu di balik hadiah ini!!!"
Setelah berpikir sebentar kemudian ia lari kepada
orang tuanya dan mencium mereka. Orang tuanya
sangat bingung dan terkejut kemudian
bertanya, "Lho kamu itu diberi kotoran kuda kok
senang sih ?".Lalu Ceria menjawab, "Papa, Mama,
saya tahu kalian sangat mencintai saya, jadi tidak
mungkin memberi kotoran kuda kepada saya,
pasti kotoran kuda itu adalah sebuah tanda. Kalau
ada kotoran kuda, berarti ada kudanya. Saya tahu
bahwa kalian akan membelikan kuda pony buat
saya, dan sekarang mana kudanya ???".
Kemudian orang tuanya berkata, "Lho kami hanya
memberi itu kepada kamu". Ceria
menyahut, "Tidak mungkin saya yakin pasti ada
kudanya." Akhirnya orang tuanya mengalah, dan
membelikan dia kuda pony.

Orang yang hidupnya percaya sangat dicintai
Tuhan akan selalu berpikir bahwa Tuhan akan
memberikan yang terbaik dalam hidupnya,
walaupun dia sedang dalam penderitaan. Sehingga
orang yang hidup dalam cinta kasih Tuhan akan
selalu gembira dan ceria di dalam hidupnya.
Sebaliknya orang yang tidak merasa dikasihi oleh
Tuhan, akan merasa bahwa hidup ini menjadi
beban penderitaan yang sangat panjang. Sehingga
di dalam hidupnya akan gelisah, takut dan
khawatir.