From: Noni Mira Timotius [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, February 27, 2006 4:18 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [SPAM] - Re: [balita-anda] Mohon Sharing kalau Sekolahan TK
ajak muridnya naik Busway - Email found in subject

dear ibu-ibu...

kalo gak salah, memang ada beberapa sekolah yang mengadakan kegiatan
outdoor
dengan tujuan siswanya belajar bersosialisasi dan melakukan kegiatan
yang
lazim dilakukan orang dewasa dan kemungkinan besar akan mereka lakukan
setelah agak gede nanti.
saya sering lihat anak2 TK belanja di gramedia. Jadi, mereka dibekelin
uang
sama mamanya (dg jumlah tertentu yang sudah ditentukan oleh sekolah),
lalu
uangnya dibawa utk belanja buku di gramedia. Setelah pilih buku, mereka
akan
antri di kasir utk membayar.
tujuan dari aktivitas ini adalah melatih anak2 utk belajar bertransaksi
(utk
pelajaran ekonomi), sabar mengantri di kasir (utk pelajaran budi
pekerti),
dan memilih sendiri produk/barang sesuai kebutuhan mereka (utk pelajaran

PMP?? masih ada gak ya?)

menurut saya pribadi, aktivitas ini gak jauh beda sama kalo kita pergi
ke
museum, planetarium, dufan, taman mini, kebun binatang, dll yang biasa
dilakukan bersama guru dan temen2 sekolah. Setiap risiko pasti ada, dan
saya
yakin pasti sudah diperhitungkan oleh pihak guru dan sekolah. Menurut
saya
lagi, ada bagusnya anak2 belajar mandiri utk mencoba fasilitas umum (spt

busway dan toko buku) tanpa didampingin ortu dan BS, karena someday,
mereka
HARUS hidup mandiri. Emangnya kita mo terus2an mendampingi mereka?

Saya emang gak jamin kalo naek busway pasti aman. Tapiiiii, pihak
pengelola
busway pasti akan berhati2 sekali kalo banyak anak2 yg naik. Selama ini
saya
juga naik busway, dan kondektur SELALU kasih kode sebelum tutup ato buka

pintu, dan bawel banget ngasih aba2 buat penumpang yg mau turun naik spy

hati2.

Jadi, menurut saya lagi, naek busway memang berisiko, tapi juga
bermanfaat.
Selain anak2 jadi tau gimana tata tertib menggunakan fasilitas umum,
mereka
juga jadi punya pengalaman menarik yang belom tentu diperoleh bersama
ortunya. Dan salah satu tugas kita sebagai ortu kan memang memberikan
pengalaman hidup yg positif sebanyak mungkin buat anak2 kita kan???

Jadi, daripada dilarang ato kuatir berlebihan, mendingan coba kasih
kepercayaan lebih besar kepada si anak utk lebih mandiri dan
berhati-hati...
waktu itu, ada mom siapa tuh yg juga kuatir krn anaknya mo jalan2...
trus
besoknya jadi sharing kalo anaknya seneng banget sepulang acara jalan2
itu... sharing lagi doooonnngggg

:-)

maap ya buat yg gak sepakat

-noni-