Wah pak,

bapak baru ya? Hehehehe, masih suka bingung ya, sama dong kayak saya dulu
waktu pertamakali punya baby. Sampai saya tunggu2in koq gak bangun2 ya. Kalo
boboknya 4 jam belum bangun untuk mimik ya, gak papa, mungkin dah kenyang.
Kalo minum susu formula, patokannya, dalam sehari mimiknya 150 ml x kg berat
badan si dedek. Jadi 150 x 3.39 = 508 ml dalam sehari. Rumus ini saya dapet
dari rs waktu melahirkan si dede dulu. Kalau asi, ya on demand aja, Pak.
Kata dsa saya, minimal 8 kali dalam sehari si dedek mimik asi, kalo bisa seh
minimal 15-20 menitan sekali mimik nenen. Dulu karena anak saya bingung
puting, sudah telanjur pernah dikasih susu botol seh jadi males nenen, saya
peres asi-nya terus saya kasih pake botol susu. Asal penambahan berat
badannya masih progres terus seh gak papa. Minimal penambahan beratnya 15
gram/hari, biasanya seh antara 15-30 gram sehari, kalao mimik asi lebih
dahsyat lagi, anak saya dulu dalam 2 bulan, nambahnya bisa 2.5 kg.

Saran saya, perbanyak ASI-nya, ASi bagus banget, Pak. Saya aja nyesel gak
bisa ASI eksklusif  6 bulan, karena produksi ASi berkurang banget setelah
kerja.

Bayi baru lahir minimal boboknya 18 jam sehari lho, pak. Nanti kalau sudah
3-4 bulan, boboknya minimal 15 jam sehari, 10 jam di malem, 5 jam di siang
hari.

Enjoy ya, Pak......have a great time as a parent....

Mama Nayma