Terima kasih banyak mbak Sylvia atas pandangannya.

Bener mbak kalo hanya sekedar tidur tanpa miss something mgkn ga bakal bikin saya bingung. Misalnya kehilangan:

1. waktu makan (mereka dua-duanya [anak saya kembar] memang termasuk yang susah makan, jadi saya kuatir nutrisi yg masuk berkurang)

2. Waktu kami untuk mendengar aktivitas mereka seharian yg langsung dari mulut mereka (karena kami berdua bekerja)

3.       Waktu belajar/stimulasi yg memang saya setting setiap malam 1 jam.

4.       waktu mendongeng sebelum tidur

seperti mbak bilang betapa berharganya waktu setelah pulang kantor di rumah. Kalo waktu itu hilang, praktis pertemuan dengan anak hanya pagi hari kira-kira 3 jam, itupun harus dikurangi dengan aktifitas kami orang tuanya siap2 ngantor.

Saya harap ini cuma berlangsung sementara untuk penyesuaian dengan waktu sekolah (sekolah baru 2 bulan)

Untuk ini memang perlu dilakukan observasi lebih cermat, saya kuatir kalo terus berlanjut

- perjalanan ke sekolah naik jemputan ditempuh 45 menit (muter2 anter temen2nya)

- kalo pagi bangun sangat bersemangat malah mereka yg bangunin kami subuh2. Ibaratnya jadi weker kami di pagi hari. Sekarang kalo bablas malah ikut makan sahur.

- Kalo bangun subuh2 mereka langsung cari mainan untuk main ato cari crayon untuk mewarnai dll dan minta mandi pagi untuk siap2 berangkat sekolah. Jadi biasanya ketika kami bangun pun mereka dah lengkap dengan pakaian seragam sekolahnya. Jadi pagi2 itu mereka penuh semangat. Mgkn karena tidur yg sangat cukup itu kali yah...

Sebelumnya saya pernah minta pengasuhnya bangunin mereka waktu mandi sore, tapi pengasuhnya bilang mereka bilang masih ngantuk ga mau dibangunin, so sepertinya pengasuhnya juga ga tega bangunin.

Sesuai dgn masukan mbak sylvia saya akan coba diskusi dengan anak2 saya, agar sore itu mereka mandi biar seger dan sehat sehingga bisa saling berbagi cerita aktivitas seharian dengan kami orang tuanya.

Makasih banget lho mbak atas input yg sangat berharga, pandangan saya jadi lebih terbuka.salam sayang untuk Jovan & Rena.

Kalo ada moms/dads lain yg punya pengalaman serupa tolong di share yah, japri juga boleh.

*mutiamamanyanaflanajlayangsedangbingung*