sebetulnya sih...kalau sudah pernah interview banyak org..kita akhirnya
bisa baca kok...tipikal org dari bahasa tubuhnya...
aku tuh..akhirnya bak HRD aja di rumah...saking dah kebiasa
dibohongin..akhirnya bisa baca juga...kalo kita lagi dibohongi or not..

pernah sekali waktu, saya interview calon PRT. saya tegaskan, bahwa saya
tidak mau PRT yg sdh punya pacar. Krn nanti gak konsen kerja...
ngobrol2...awalnya dia bilang dia belum punya pacar..
tapi aku baca...dia bilang belum punya....tapi bahasa tubuhnya nunjukkin
dia bohong...krn dia seperti gelisah gitu..
setelah makin lama diajak ngomong...ketahuanlah..dia bukan lagi punya
pacar..tapi dah punya tunangan!
busyet...
artinya...dia bisa tiba2 minta keluar untuk kawin, kan?

hal spt inilah yg kudu dipelajari seiringan waktu...
aku juga dulu waktu baru married...dah gak keitung dibohongin pembantu and
BS.
yg BS ku ngerokok..bilangnya itu bau balsem lah..
yg bilang mo cuti, trus kabur lah..

macam2 deh..
tapi skrg...dah lumayan lah...dah lebih bisa menilai org...

satu lagi..jangan percaya begitu aja..kalau ada calon PRT bilang udah
pernah kerja di tempat lama selama 2 thn dan minta gaji gede krn dia udah
pengalaman.
ini terbukti di tempatku...pernah dapet prt yg pengalaman 2 thn (ngakunya
lho yaa...)

gak taunya gak bisa apa2...seharian kerjanya tidur kalo gak dipanggil
ngerjain sesuatu..
busyet deh....

ok..hope ini bisa membantu ibu2 mudah yg pusing ama PRT...

(krn saya juga dulu sama..)

=========
Mbak Rosa thanks utk tips nya. saya juga interview langsung dng calon
assisten.
  cuma seperti mbak muthi, kadang2 suka bohong.
  contoh, ijin pulkam n balik hari minggu (secara senin saya kerja n hrs
ada yang jaga didit).
  senin pagi telp dari wartel, ijin datangnya siangan soale ngak enak
badan(ngaku telp masih berada di bogor ..secara caller id telp di rumah
angka yang muncul justru daerah kebun jeruk (sekitar rumah
juga)...hallaaaah
  ketauan juga minta temen nya yang telp ke rumah utk bilang kalo si mbak
harus pulang krn ibunya msk rumah sakit. yang telp ngaku adiknya yang di
kampung (again, caller id ngak bisa di boongin, n rada2 inget kalo yang
nelp justru pembantu sebelah rumah). Pas di tes rumah sakit apa, sakit
apa ...eh si *adik* ngejawabnya ..Lia (nama assisten) udah tahu.
  ya udah ta telpon aja tetangga sebelah nanyain pembantunya mana, di
jawab lagi keluar ijin ke wartel :D
  secara boongnya masih taraf molor kalo ijin pulang kampung n kerjaannya
bagus, masih di terima. tapi akhirnya dia bener2 minta brenti krn
suaminya tabrakan patah tulang.