makasih atas informasinya ya bu...

----- Original Message ----
From: Lif Rahayu <[EMAIL PROTECTED]>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Thursday, August 23, 2007 3:27:34 PM
Subject: Re: [balita-anda] klebsiella pneumoniae

Pak Arie,

Sumber infeksi utama dari bakteri ini dari feces (tinja) dan alat2 yang
terkontaminasi dengan bakteri ini. Sumber dari wikipedia.

Ada juga artikel di bawah ini, bahwa sumbernya bisa jadi dari ICU
rumahsakit. sumber http://www.inovasi.lipi.go.id/mikro/detail.php?id=5

*Bakteri Semakin Kebal Antibiotik
*2004-05-26 13:06:06

*GloriaNet - Tingkat kekebalan bakteri terhadap antibiotik semakin meningkat
beberapa tahun terakhir. Berbagai jenis bakteri menjadi kebal karena bisa
memproduksi enzim Extended Spectrum Beta Lactamase (ESBL) yang melumpuhkan
kerja berbagai jenis antibiotik. *

Sumber : http://www.glorianet.org/berita/b3495.html

Demikian terungkap dalam konferensi pers mengenai "Infeksi Dapat Mengancam
Jiwa" baru-baru ini di Jakarta. Hadir dalam acara itu Dr dr Amin Soebandrio
SpM dari Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas
Indonesia, dan Prof Murat Akova dari bagian penyakit infeksi di sekolah
kedokteran Universitas Hacettepe, Ankara, Turki.

Amin mengatakan, banyak bakteri patogen yang telah kebal terhadap antibiotik
golongan betalaktam. Padahal, obat jenis inilah yang paling sering
diresepkan dokter untuk mencegah infeksi. "Meningkatnya kekebalan sejumlah
bakteri terhadap antibiotika sangat mengkhawatirkan, terutama dalam
menangani infeksi," ujar Amin.

Bakteri yang meningkat kekebalannya terhadap antibiotik, antara lain
Escherichia coli dan Klebsiella pneumonia. Tingkat kekebalan kedua bakteri
itu meningkat 2-3 kali lipat sejak tahun 1997. Escherichia coli misalnya,
kekebalannya meningkat dari 19 persen pada tahun 1997 menjadi 32 persen.

Di Indonesia, ada sekitar 23 bakteri jenis Escherichia coli dan 33 jenis
Klebsiella pneumonia yang kebal terhadap antibiotik. Padahal, kedua jenis
bakteri ini yang banyak ditemukan di ruang ICU (intensive care unit) rumah
sakit, yang merupakan penyebab infeksi utama. Klebsiella pneumonia misalnya,
merupakan penyebab infeksi paru-paru.

Menurut Amin, berbagai jenis bakteri saat ini semakin cerdik dalam
melumpuhkan antibiotik. Bakteri itu memproduksi enzim ESBL yang bisa
menghancurkan kerja antibiotik. Selanjutnya, bakteri yang kebal itu dengan
cepat berkembang biak dan menghasilkan koloni baru. Dengan cara itu, bakteri
sulit dilumpuhkan.

Akova mengatakan, sejumlah bakteri menjadi kebal terutama karena penggunaan
yang tidak tepat, baik jenis obatnya, dosisnya, dan lama penggunaannya.

"Banyak pasien yang tidak menaati aturan penggunaan antibiotika. Disuruh
menggunakan tiga hari, tetapi menggunakannya cuma dua hari karena merasa
sudah sehat. Padahal, belum semua bakterinya lumpuh," ujarnya.

Selain itu, menurut Amin, banyak peternak memberikan antibiotik pada
ternaknya. Dengan demikian, jika manusia memakan daging ternak itu maka
kandungan antibiotik dalam tubuh manusia meningkat. "Akibatnya, bakteri
dalam tubuh manusia bisa kebal," ujarnya.

Untuk menanggulangi bakteri yang meningkat kekebalannya, para ahli
mikrobiologi di beberapa negara melakukan berbagai penelitian untuk
menghambat enzim ESBL. Salah satu penelitian yang dilakukan Amin menunjukkan
bahwa kombinasi antibiotik jenis Cefoperazon dan Sulbactam lebih peka dalam
melumpuhkan bakteri Steptococcus pneumoniae dibandingkan antibiotika jenis
amoksilin asam klavulnat.

Namun demikian, jenis antibiotik baru ini belum dapat mematikan 100 persen
bakteri. "Masih ada sekitar 10 persen bakteri yang resisten terhadap obat
baru ini. Akan tetapi, dengan penggunaan yang benar resistensinya bisa
ditekan terus," katanya. (GCM/*)

On 8/23/07, MOES LEEM <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> bayi kamu usia 4 hari bu, padahal waktu lahir semua normal, tapi pas hari
> ke 2 malam, baru terdiagnosa sakit tapi belom tau apa??
> bu lif kalo emang bakteri itu dari rumah sakit berarti anak kami kena
> virus nya pas disana ya.... maksudnya tempat istri saya bersalin, boleh tau
> bisa masuk melalui apa ya bu...

Be a better Globetrotter. Get better travel answers from someone who knows.
Yahoo! Answers - Check it out.