Sedikit pendahuluan sebelum Anda membaca tulisan di bawah ini. Saya
selalu teringat dengan pepatah kuno, bila kita melakukan sesuatu,
janganlah overacting, ini berlaku juga untuk pemberitaan. Penulisan
berita jangan membuat orang bertanya-tanya atau bersifat sensasi, yang
kebanyakan cara demikian malah membingungkan pembaca. Alhasil pun
tulisan demikian dinilai tidak bermanfaat, dan blog nya pun berlabel
tidak baik. Ini yang perlu saya hindari. Kembali lagi ke pepatah kuno,
yang satu menceritakan: seseorang ingin menggambar ular, namun melihat
ular kasihan tidak berkaki, lalu dibubuhinyalah kaki pada gambaran sang
ular. Apa yang terjadi, jelas salah kaprah, bukan ular yang digambar,
tetapi menjadi gambaran kadal atau biyawak. Pepatah kedua yalah, kembali
lagi cerita ular yang lebih sering dikenal di antara kita semua,
seseorang berlari-lari menuju ke temannya yang lebih dewasa, sambil
berteriak-teriak mengatakan, "Bang, bang, saya ketemu ular di sana,
besar dan panjang sekali. Besarnya seperti batang kelapa, dan
panjangnya, ya hampir setinggi pohon kelapa". Nah, sang dewasa jelas
menilai dengan tenang, ini mau ngomong besar lagi rupanya. Maka si
pencerita pun dibiarkannya saja. Cerita selanjutnya rasanya pembaca tahu
dan tak perlu saya teruskan di sini.

Berita di bawah mengenai minuman energi yang juga populer di negeri kita
ini. Kalau ditanya saya pun pernah minum minuman energi, dan mereknya
apa tak perlu disinggung di sini. Namun saya cukup berhati-hati bila
mengkonsumsi minuman tersebut. Pertama, tujuan agar saya tidak mengantuk
sewaktu menyetir mobil dalam perjalanan jauh berjam-jam. Minuman energi,
saya sadar bukanlah minuman sehat, tetapi lebih bersifat booster,
membantu sesaat dalam keadaan terpaksa, agar masih tetap "wah", alias
gak ngantuk. Kembali lagi bila minuman demikian dijadikan rutinitas
hidup, secara pribadi saya tolak.

Berita tentang minuman energi dilansir oleh NutraIngredient, 5 Juni 08,
silakan ke link di bawah ini,

http://www.nutraingredients-usa.com/news/ng.asp?n=85729&c=wn1T4K1tpZWpTT
EDuDQSxQ%3D%3D.

Dikutip hasil studi dari Federal Institute for Risk Assesment di Jerman,
bahwa observasi beberapa tahun terakhir menunjukkan, konsumsi minuman
energi berpotensi rusaknya hati (liver), fungsi yang abnormal dari
bekerjanya jantung, malahan menemui ajal. Maka perlu diberi penekanan
perhatian bagi golongan tertentu seperti anak-anak, ibu hamil, menyusui,
dan mereka yang sensitive terhadap coffeein.

Malahan negara tertentu memberi peringatan terhadapan minumnan tersebut,
dan ada pula yang melarang dipasarkan.

Penulis tidak bermaksud meresahkan bagi pengguna sejati minuman sejenis
ini. Yang perlu kita ketahui, apa pun juga bila tidak menjaga kesehatan,
atau dalam kondisi yang ekstrem, dan kelelahan yang berkelebihan,
minuman tersebut tidak dapat mensubstitusi nutrisi atau kebutuhan
vitamin dalam keadaan yang normal. Yang kita butuhkan satu-satunya
adalah istirahat yang cukup. Salah kaprah kalau kita menganggap sesuatu
bahan dapat menjadikan "wah" dan segar bugar seketika, serta dijadikan
suatu kebiasaan yang rutin.

Silakan membaca sendiri artikel tersebut.

hasbullah

"Sopo sing was, bakal tiwas; Sopo sing temen, bakal tinemu"

CONFIDENTIALITY
This e-mail message and any attachments thereto, is intended only for use by
the addressee(s) named herein and may contain legally privileged and/or
confidential information. If you are not the intended recipient of this e-mail
message, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
copying of this e-mail message, and any attachments thereto, is strictly
prohibited.  If you have received this e-mail message in error, please
immediately notify the sender and permanently delete the original and any
copies of this email and any prints thereof.
ABSENT AN EXPRESS STATEMENT TO THE CONTRARY HEREINABOVE, THIS E-MAIL IS NOT
INTENDED AS A SUBSTITUTE FOR A WRITING.  Notwithstanding the Uniform Electronic
Transactions Act or the applicability of any other law of similar substance and
effect, absent an express statement to the contrary hereinabove, this e-mail
message its contents, and any attachments hereto are not intended to represent
an offer or acceptance to enter into a contract and are not otherwise intended
to bind the sender, Sanmina-SCI Corporation (or any of its subsidiaries), or
any other person or entity.

Kirim email ke