Apakah sebenarnya HypnoBirthing ?

HypnoBirthing merupakan suatu metode baru yang dikhususkan untuk wanita hamil
dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses
kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum, karena
mampu memicu hormon endorphin yang merupakan hormon penghilang sakit alami
tubuh.

Mengapa saya harus melatih HypnoBirthing ?

Latihan HypnoBirthing akan banyak memberikan manfaat karena melatih ibu hamil
untuk selalu rileks, bersikap tenang dan menstabilkan emosi. Hasil dari latihan
ini bukan hanya dirasakan saat ibu sedang hamil, namun hingga setelah
melahirkan dan dalam kehidupan sehari-hari. Ketenangan ibu dan kemampuan ibu
untuk mengendalikan emosi akan berdampak positif pada orang - orang di
sekitarnya.

Apa manfaat Hypnobirthing?
-Mengurangi rasa mual, muntah, pusing dan beberapa gangguan di masa awal
kehamilan
-Sarana untuk berkomunikasi dengan janin selama dalam kandungan, karena janin
sudah memiliki unsur jiwa yang sederhana, yaitu perasaan
-Meningkatkan kadar endorphin untuk mengurangi rasa nyeri, sehingga proses
persalinan berlangsung nyaman dan lancar
-Kondisi rileks, tenang dan damai dirasakan oleh janin sehingga membentuk SQ
(Spiritual Quotient/Nilai kedamaian) yang tinggi – bayi tenang dan bahagia
-Mencegah robekan/jahitan pada vagina
-Mengurangi tindakan bedah cesar karena indikasi medis
-Mencegah terjadinya bayi prematur
-Mencegah terjadinya berat badan bayi kurang
-Mencegah kekurangan oksigen pada bayi, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan
otak bayi
-Mencegah baby blues/post-partum depression
-Meningkatkan hormon oxytosin yang dibutuhkan untuk memperlancar ASI

Kapan saat yang tepat untuk memulai?
Paling bagus jika dilakukan sejak awal kehamilan. Tetapi pada trimester 2
adalah waktu yang pas. Namun tidak ada kata terlambat karena hypnobirthing
berfungsi untuk ASI, menghindari baby blues dan pola pengasuhan anak. Jika ibu
sudah hamil di atas 36 minggu, pelatihan bisa dilakukan 1-2 hari sekali selama
3X.

Testimonial :
"Hypnobirthing membantu menghadapi kehamilan yg sangat mencemaskan dan
menakutkan menjadi kehamilan yang menyenangkan, sehingga mampu melahirkan alami"
dr. Agung Suhadi SpOG(K)
Fak. kedokteran Universitas Gadjah Mada

“Dengan metode Hypnobirthing, persalinan berlangsung relatif cepat dan tanpa
keluhan nyeri yang hebat. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas bayi yg
dilahirkan, krn terhindar dari kekurangan oksigen (asfiksia) selama proses
persalinan sehingga perkembangan otaknya lebih baik”
dr.Boy Abidin SpOG
Ahli Kebidanan dan Kandungan
RS.Mitra Keluarga Kelapa Gading

“Penggunaan obat2an seperti pada teknik epidural dan ILA dapat menimbulkan efek
samping yg tidak diharapkan. Ibu2 yg akan melahirkan sebaiknya mempelajari
metode ini”
dr.Hasmoro SpAn. MM,
CEO RSIA Hermina Grup

“Saya melahirkan secara normal dan menurut dokter yg menangani proses kelahiran
saya ini, bayi saya adalah satu – satunya yg lahir di Rumah Sakit tersebut
tanpa anda kendala apapun juga. Ia lahir secara normal dgn berat 3.250 gram
panjang 49 cm dan sangat menakjubkan karena tidak ada jahitan walaupun bayi
saya dapat dikatakan besar. Saat proses melahirkan pun saya tidak melakukan
proses mengejan, namun bayi saya keluar dengan sendirinya”
Meidy Katrin

Konsultasi Rp 150.000,00 (30 - 60 menit) - harus dilalui setiap client
Pelatihan (3x pertemuan - setelah tahap konsultasi) Rp 600.000,00

Paket konsultasi + pelatihan (3x pertemuan) Rp 700.000,00 @ 1.5 - 2 jam

RINCIAN MATERI

Konsultasi :
- Perkenalan
- Evaluasi skala distress
- Evaluasi kebutuhan Hypnobirthing
- Perkenalan singkat Hypnobirthing

Pelatihan 1 :
- Perkenalan Hypnobirthing (detil)
- Penjelasan proses kehamilan
- Penjelasan teknik relaksasi
- Penyesuaian Sugestibilitas
- Penyesuaian afirmasi/sugesti
- Latihan relaksasi

Pelatihan 2 :
- Teknik relaksasi lanjutan
- Pendalaman relaksasi (deepening)
- Latihan Ideo motor
- Komunikasi dengan janin
- Latihan relaksasi (deepening)

Pelatihan 3 :
- Persiapan persalinan dengan hypnobirthing
- Senam Kegel (Senam untuk melenturkan dan mengencangkan otot vagina)
- Perineum Massage (pijat vagina untuk melenturkan otot dan menghindari
jahitan/robekan)
- Endorphin Massage (pijat sentuhan untuk mengeluarkan hormon
endorphin/penghilang rasa sakit alami tubuh dan oksitosin untuk memperlancar
ASI)
- Hypnoanesthesia & Hypnoanalgesia (hypnosis untuk mengatasi rasa sakit)
- Latihan relaksasi deepening, sugesti/afirmasi disesuaikan keinginan client

Tambahan latihan relaksasi Rp 150.000,00 (45 - 60 menit) : dilakukan sesuai
afirmasi yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil

Setiap peserta akan mendapatkan :
- CD panduan relaksasi untuk berlatih di rumah
- Pendulum untuk melatih fokus
- Makalah pelatihan hypnobirthing

Evariny Andriana CHt
Hypnobirthing Therapist