hi mbak Runi *yang sedang morning sickness + flu + batuk + ketakutan
kena campak* :)

Mungkin point yang bisa diperhatikan:

1. Make sure memang teman sekantor (+) terkena campak, bukan campak
jenis lain, mis. campak Jerman (Rubella).
Penularan jenis penyakit seperti ini memang sudah berlangsung lebih
lama bahkan dari sebelum timbul 'rash' di kulit. Sementara 'rash' di
kulit bahkan muncul sekian (belas) hari sebelum virus campak ini
terekspos.

2. Ingat lagi history kesehatan mbak.  Kalau memang issue yang
dibicarakan (+) campak atau measles, siapa tahu memang mbak sudah
'kebal' (baik pernah mengalami campak waktu kecil atau sudah
mendapatkan imunisasi campak waktu usia 9 bulanan dulu (mengingat
vaksin campak ini cukup 'tua' umurnya, kemungkinan besar para orang
tua sekarang juga mengalami jadwal imunisasi ini).

3. Kalau mbak nggak terlalu ingat historynya, mungkin tanya orang
tua/orang serumah dulu waktu kecil pernah ngalamin gejala campak nggak
(demam tinggi, muncul rash saat demam tinggi, mata merah, belekan,
diare, dll gejala campak lainnya)

3. Campak dialami 1x seumur hidup dan memberikan kekebalan alami.
Imunisasi campak memberikan kekebalan tubuh 'nyaris' seumur hidup.

Kalau points 2-3 sudah mbak alami, don't worry. Mbak sudah cukup punya
'senjata' untuk tidak tertular :)

Kalau masih 'kepikiran' juga, saat check antenatal nanti,
konsultasikan dengan DSOG, terinfeksi tidaknya dengan campak bisa
diketahui juga lewat medical lab test.
Anyway, penyakit ini disebabkan virus, so tetap jaga kesehatan tubuh
supaya tetap fit, cepat 'usir' batuk pilek nya ya, mbak :)  Antisipasi
saja dari segala macam 'virus' yang beredar di lingkungan mbak :)

Take care of your pregnancy, semoga lewat trimester 1, morning
sickness segera 'ganti' jadi 'all-day energetic & blooming' ya :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi