dear all,
selamat buat moms yang baru dianugerahi si kecil....
saya setuju banget sama momnya Jevon dengan tradisi
ciak po'nya. pengalaman pribadi, waktu habis
melahirkan rere 15 bulan lalu saya juga kena treatment
yang mirip dengan ciak po. cuman lebih sederhana. ayam
(1/2 kg)dibuat kaldu dengan campuran air (1liter),jahe
(1/4kg, dimemarkan, untuk menghangatkan) dan
lengkuas(5 ruas, dimemarkan, untuk mempercepat
pengeringan darah nifas) plus garam sedikit.
sebelumnya ayam dilumuri air jeruk nipis dulu
(standar..biar gak amis). airnya diminum tiap sebelum
dan sehabis menyusui. memang bayinya jadi lebih lahap
menyusunya dan BBnya nambah dengan cepat. treatment
ini dikombinasi menyelipkan handuk kecil diantara
payudara dan bra (selain untuk menghangatkan juga
untuk mencegah rembesan asi), pakai baju selalu yang
berlengan dan selalu tertutup sampai mata kaki, pakai
sandal selalu dan nggak banyak main air (nyuci baju,
piring dsb)plus mengompres payudara dengan air
panas-dingin berganti-ganti tiap kali mandi.rambut
juga bagusnya dibasahi tiap mandi. biar segar katanya.
kalo kata ibuku yang menyarankan ini si ibu
diibaratkan termos susu yang kalau bisa selalu
menjamin kehangatan isinya....dijamin bayinya sehat
dan wangi....
selamat mencoba ya moms...maaf kalo kepanjangan...

roro-bunda rere

=== message truncated ===