pagi parents,...
udah sebulan ini saya agak kuatir, anak saya ram 16 bulan ada benjolan di
leher sampiing antara pangkal leher dan dibawah telinga
saya kira ini kelenjar getah bening yg sedang memproteksi tubuh dari infeksi
virus, kemaren ini seminggu ram memang sedang flu tapi sekarang
alhamdulillah udah baikan kembali, tapi kenapa ya benjolan itu tetep ada ?

ada dua benjolan di masing2 sisi leher, yg kanan agak besar sebesar biji
jagung dan selebihnya sebesar biji kacang ijo, kalo di tekan ram nggak
merasa sakit cuma risih aja kalo di pegang, saya menemukan benjolan ini
sebulan yg lalu. dan selama observasi saya benjolan ini tidak membesar....

behave ram selama ini alhamdulillah baik,...
makan tetap semangat dan banyak
aktif sekali
tidur malam pulas
jarang sekali sakit flu dan batuk (baru seminggu yl flu)
udah banyak bicara dan cepat dalam menanggapi kata2 baru
susu masih sangat baik
tapi memang bb tubuh nggak gendut, biasa aja cuma sekel, tapi tubuh lebih
tinggi sekarang
tidur malam memang keringatan karena saya nggak pake ac dan kipas angin pun
hanya semilir2 aja
gigi udah 9 buah, 4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah, plus satu graham
yg baru muncul belum lama ini (mungkin karena ini ya ?)
untuk bb saya udah lama nggak nimbang ram soalnya sejak terakhir vaksinasi
varicella usia 12 bulan ram nggak pernah lagi ke rumah sakit
baik karena memang nggak sakit dan juga nggak ada kepentingan gitu ke
rumkit....karena alhamdulillah anak saya sehat (menurut pengertian saya)

parents,...
bisa bantu saya dengan artikel2 tentang benjolan di tubuh anak ??? atau
sharingnya ??
saya rada takut juga kalo benjolan ini ternyata berbahaya, semacam
peradangan kelenjar getah bening ??
apa aja ya indikasi yang menuju ke sana ???

please help ... jadi nggak tenang ngapa2in nih...

tks a bunch ya
salam Ummi Ramzi
Winda Adjizar
PT. Primatama Karya Persada