Mbak,
Happy belated b-day to Egi yah...
Pokoke kan sekarang Egi dah sembuh... moga2 aja Tuhan
selalu kasih yg terbaik to Egi yah...

Kalo ttg infeksi tenggorokan .. ini aku ada artikel dr
milis BA yg disaharingkan Mbak Rifa di
http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg75532.html
RAdang tenggorokan
Kita sering menyalahartikan istilah radang sebagai
suatu keadaan akibat
infeksi kuman.
Radang atau inflamasi artinya MERAH, BENGKAK, dan
SAKIT. Radang tenggorokan,
artinya tenggorokannya merah, sakit, dan mungkin agak
membengkak
(amandelnya).

Radang karena INFEKSI.
Radang akibat infeksi dapat dibagi2, yaitu :
1.  Radang karena kuman
2.  Radang karena virus.
85% radang tenggorokan pada bayi/anak disebabkan oleh
infeksi VIRUS  -
sehingga tidak perlu antibiotik.

Radang BUKAN INFEKSI.
Biasanya disebabkan oleh kondisi seperti ALERGI,
TRAUMA, AUTOIMMUN,
TEETHING, dll. Kesemuanya, sekali lagi, tidak dapat
diobati dengan
antibiotik. Upaya terbaik mengatasi alergi adalah
avoidance - mengurangi
kemungkinan exposure hal2 yang bisa menimbulkan alergi
(debu, karpet,
binatang berbulu, mainan berbulu, AC, makanan tertentu
dengan pewarna,
pengawet, perasa sintetik, permen, sea food, dll).

Demikian halnya dengan DEMAM.
Demam dapat disebabkan oleh infeksi dan juga bukan
karena infeksi.
Sekali lagi, penyebab demam terbanyak pada anak adalah
infeksi virus. Demam
itu sendiri merupakan salah senjata tubuh untuk
melawan infeksi. Dengan
perkataan lain, kalau ada infeksi, tubuh kita
memproduksi panas sebagai
bagian dari sistem imun untuk melawan infeksinya.
Tetapi demam juga bisa
dikarenakan hal lain yg tidak ada hubungannya dg
infeksi.

sebagian besar radang tenggorok yang ditandai dengan
gejala batuk dan pilek
disebabkan bukan oleh bakteria Hasil metaanalisis dari
75 kasus anak dengan
batuk ternyata hanya 17 kasus (22,7%) yang hasil
kultur bakterianya positif
sedangkan pada metaanalisis 57 kasus anak dengan
gejala pilek, hanya 17
kasus (29,8%) hasil kultur bakterianya positif.

jd penentuan radang tenggorok karena bakteri itu perlu
usapan tenggorok. utk
membuktikan bahwa memang bakterilah penyebabnya, kalo
terbukti barulah di
tentukan ab apa yg di perlukan.

jadi kalo radang dan batuk pilek ya sudah bisa
dipastikan itu infeksi virus.
gak perlu ab

Antibiotik itu artinya antibios, anti kehidupan, jadi
yg bisa di sembuhkan
dengan antibiotik hanya kuman, bakteri. parasit,
jamur. sedangkan virus itu
buikan makhluk hidup

so kalo RAdang tenggorokan karena virus terus dikasih
AB padahal gak ada yg
mo dibasmi gimana?
padahal tubuh kita sendiri penuh dengan bakteri
(Bakteri baik) lalu karena
kemasukan banyak AB (pembunuh bakteri) maka AB2 yg
masuk ini bereaksi dengan
BAkteri baik yang ada dalam tubuh kita. siapa yg rugi?

Cara menghentikan sedikit frekuensi pilek dan demam
yang terus menerus
adalah dengan CUCI TANGAN.
karena virus common cold dapat bertahan di tangan bbrp
jam. jd dengan cuci
tangan dapat memutus mata rantai virus tsb.

Ok, smoga dikitbantu yah..

Uci mamaKavin