From: Fathan Yunadi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, November 21, 2005 2:50 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] OOT - SPBU Shell !!!!

Kebetulan saya 'sedang berdomisili di negeri jiran' dan pom bensin favorit,
memang shell. Sebenarnya di Malaysia, persaingan bisnis pom bensin, sangat
ketat... Petronas milik BUMN-nya pertamina, harus bersaing dengan Shell,
Esso, Mobil, BP, dan lainnya... dan harga yang ditawarkan untuk jenis oktan
yang sama.... tidak ada bedanya! ... yang paling tampak, mereka bersaing di
dalam memberikan servis... semua pom bensin pasti ada mini marketnya...
sampai ada yang meng-iklan-kan... 'toilet' mereka dibersihkan x kali dalam
sehari...
Bedanya ama di Indonesia, kalau mau ngisi... ya mesti isi sendiri... (kapan
ya di Indonesia bisa seperti ini). Yang pasti harus bayar dulu.... dan
akhir-akhir ini, penggunaan kartu kredit, ngga bisa langsung 'gesek' ke
mesin di pompa bensin (mungkin banyak yang melakukan penipuan. kebetulan,
ada teman saya yang punya kartu kredit HSBC, yang ditelpon ama orang bank,
menanyakan apakah betul mengisi bensin di tempat ini... karena pada hari tsb
baru saja mengisi bensin. akhirnya diblokir sementara, dan diberikan kartu
baru... di Indonesia ?).
 Tentang harga, sekarang ini utk 1 liter yang beroktan 95 RM 1,62 dan kalau
di rupiahkan hari ini sekitar Rp 4320. (kayaknya lebih murah di Malaysia
ya.... apalagi kalo nanti kurs Rp makin menguat... pasti di Indonesia jadi
lebih mahal lagi... berarti bakalan ngga ada penyeludupan lagi ?)
Saya sendiri ngga nyoba yang oktan 92, karena beda harganya tidak
seberapa...
  FMY