On Fri, 17 Dec 1999 10:44:41   Susy wrote:
>Dear netters,
>Saya ingin menanyakan cara mengompres anak yang benar.

Kebetulan sekali mbak, saya baru saja mendapat informasi ini lewat DSA anak saya.

>- Apakah dengan alkohol, air biasa, air dingin/es, ataukah air hangat ?

Yang paling baik adalah pakai air biasa. Jangan pakai alkohol karena beracun dan dapat
terserap melalui kulit. Jangan air hangat...kan suhunya mau diturunin, bukan mau
menhangatkan badan si kecil. Jangan air es karena akan membuat kulit si kecil
kedinginan tapi dalam tubuhnya panas, sehingga si kecil akan mengigil.

>- Bagian badan mana saja yang perlu dikompres ?
Pakai handuk kecil yang sudah dicelupkan ke air biasa, peras, lalu tempelkan di
ketiak, lipatan siku, pangkal paha, lipatan lutut dan leher. Di dahi boleh juga, tapi
tidak terlalu efektif.

>- Pada suhu badan berapa derajat, pengompresan ini harus dilakukan ?
Bila suhu menunjukkan 38 atau lebih, sudah boleh dikompres. Daya tahan anak memang
lain-lain, ada yang sampe 38 pun anaknya masih tenang-tenang aja, tapi sebaiknya di
atas 38 sudah dikompres.

>- Berapa lama pengompresan ini dilakukan ?
Sampi suhunya turun mendekati normal  (37 derajat).

Tips yang lainnya,
1. Tetap berikan obat penurun panas (antipiretik) seperti Tempra misalnya. Bila
suhunya masih panas (di atas 37, 5), tempra diberikan tiap 4 jam.

2. Kamarnya jangan dibiarkan pengap dengan menutup semua jendela segala. Biarkan udara
segar masuk, asal jangan angin yang terlalu keras. Karena udara pengap akan menambah
penderitaan si kecil.

3. Si kecil jangan diselemuti dan dibungkus dengan baju tebal. Pakaikan pakaian
lengkap yang tipis saja, supaya panas tubuhnya dapat terlepas keluar.

4. Sediakan sebuah barang atau mainan dari karet untuk diselipkan dimulutnya apabila
(amit-amit sih) si kecil kejang/step karena panas yang tinggi itu. Kebetulan anak saya
punya mainan gigit-gigitan berbentuk 3 anak kunci dari karet (buatan Chicco). Yang
satu selalu saya simpan di kamar, untuk keadaan darurat, puji Tuhan sampe sekarang
seya belum pernah sampai terpaksa menggunakannya. Ukuran dan kekenyalan mainan itu pas
sekali. Coba mbak cari yang mirip-mirip begitu, untuk diletakkan dekat si kecil untuk
keadaan darurat.

5. Hiburlah si kecil dengan nyanyian atau dongeng, supaya penderitaannya bisa
berkurang. Dan pasti berdoa terus ya....

Semoga lekas sembuh ya mbak...

Teriring salam dan doa..

mama jonathan

>Saya tunggu masukan dari para netters, karena anak saya sekarang sedang
>demam tinggi antara 38-39 derajat. Terima kasih.
>Salam,
>Susy
>

>Kunjungi: http://www.balita-anda.indoglobal.com
>"Untuk mereka yang mendambakan anak balitanya tumbuh sehat & cerdas"
>
>-= Dual T3 Webhosting on Dual Pentium III 450 - www.indoglobal.com =-
>EMERGENCY ONLY! Jika kesulitan unsubscribe, email: [EMAIL PROTECTED]
>http://pencarian-informasi.or.id/ - Solusi Pencarian Informasi di Internet

LYCOShop is now open. On your mark, get set, SHOP!!!
http://shop.lycos.com/