Pak Arman,
yang saya tahu, anak akan menunjukkan kesiapannya sendiri, a.l : apakah
dia sudah siap menelan atau tidak (refleks bayi biasanya mengeluarkan
lidah / makanan yg. ditaruh di lidah. Bisa dicoba dengan memberikan
sebutir kecil makanan - bakal dilepeh atau tidak), apakah kepalanya
sudah bisa tegak atau tidak, dll saya pernah baca di buku 'Bayi di bawah
1 tahun - apa yg. anda harapkan bulan per bulan'.
Anak saya baru saya perkenalkan makanan padat umur 4.5 bulan.

Tapi sekarang saya jadi bertanya-tanya, dengan program ASI eksklusif
(min 4 bulan, kalau mungkin s/d 6 bulan), berarti, tidak harus dimulai
umur 4 bulan, dong makanan padatnya ? Jika ibu masih bisa memberi ASI
eksklusif sampai 6 bulan, apa sebaiknya ditunda ? Apalagi katanya usia
sekian (4 bulan maksud saya), makan utamanya masih tetap susu / ASI, dan
tambahan itu hanya berupa pengenalan rasa / bentuk.
Gimana dong, ya ?

rien.