Bapak-ibu anggota milis yth,

Jika di antara anggota milis ini ada yang pernah mengalami atau mengetahui kondisi
seperti di bawah ini, saya akan senang sekali menerima saran anda.

Saat ini, istri saya sedang hamil 13 minggu. Hasil USG terakhir, kira-kira seminggu
yang lalu, menunjukkan bahwa posisi placenta (ari-ari) berada di bawah janin (ini
namanya Placenta Previa, katanya). Pada kehamilan yang normal, ari-ari berada berada
di atas atau di samping janin. Menurut dokter yang melakukan USG ini, kondisi seperti
itu sangat beresiko akan terjadinya pendarahan. Ini disebabkan karena adanya tekanan
janin terhadap ari-ari yang berada di bawahnya. Beberapa hari yang lalu memang
terlihat bercak darah, yang meskipun hanya sedikit, sempat membuat kami khawatir. Dan
lagi, kalau posisi ari-ari ini tidak berubah sampai masa kelahiran, maka harus
dilakukan operasi sesar, mengingat mulut rahim tertutup oleh ari-ari. Dokter
menyarankan untuk ekstra hati-hati terhadap kehamilan seperti itu.

Mohon kepada bapak-ibu anggota milis ini untuk membagi pengalaman, apa yang harus kami
lakukan untuk menjaga kandungan tersebut.

Salam,
Joko