Netters,
sekedar mo sharing, soalnya kmaren saya baru aja ngebantuin temen memandikan bayinya
(kebetulan pusarnya udah pupus, kalo belon..saya juga gak berani deh ngemandiin) dan
pengasuhnya lagi pilek jadi gak bole deket-deket si baby.

Pertama yang perlu disiapkan adalah peralatan mandi (sabun, shampo, handuk, air panas,
waslap)
Siapkan juga baju bayi, popok, minyak telon, bedak (optional), perlak bayi.
Pastikan air tidak terlalu panas, tapi juga tidak terlalu dingin (kalo mo precise sih
pake termometer aja, tapi kalo cara lama dengan mencelupkan siku ke aer)

Pertama, dengan kain bersih (ato ada kok sikat gigi bayi) bersihkan gusi dan lidah.
Buka pakaian bayi (untuk bayi cowo, tutup burungnya dengan kaen)
Sabuni bayi, pay more attention di daerah lipatan (saya prefer nyabunin bayi di atas
tempat tidur/box bayi dengan menggunakan washlap)
Masukan bayi ke aer mandi, bersihkan badan bayi dari sabun.
Keramas kepala bayi, basuh dengan aer hingga bersih.
angkat dan keringkan perhatikan daerah lipatan kulit. Olesi minyak telon, kenakan
baju..udah deh :-))

Oh ya, biar gak kegelincir, talapak tangan ibu memegang tangan bayi pas di ketiak
bayi. Otomatis kepala bayi akan ditumpu oleh pangkal lengan ibu. Insyallah, si bayi
gak akan tergelincir karena tangan ibu kokoh memegang pangkal lengan bayi (ketiak).

Buat netters yang laen, maaf kalo saya terkesan menggurui ato bahkan sok tau, gak papa
kan sharing pengalaman

Best regards,
Ita- bundanya Gilang