Pak Ivy,
yang bapak maksudkan flek hitam ; apakah garis2 di perut, atau bercak
kehitaman di wajah ?
Kalau yg. terakhir, seingat saya disebut chloasma - 'mask of pregnancy'
, yang umum dialami - walau tidak semua - ibu hamil. Ada yang
mengalaminya sampai ke leher. Kalau tidak salah berkaitan dengan hormon
juga, dan akan berkurang perlahan-lahan sesudah melahirkan. Jangan
diberi (sembarang ?) krim pemutih loh Pak. Takutnya mengandung merkuri
yang bisa diserap tubuh ibu.

Salam,
Rien.