Bunda-nya Rayhan,
ini saya kutip dari buku _Perawatan Bayi dan Anak_ dari Dr. Miriam
Stoppard :
        Mimisan terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil pada hidung.
Mungkin karena terlalu keras menghembuskan hidung atau bersin waktu anak
menderita batuk pilek atau demam hay ; bisa juga karena pukulan pada
hidung, mengorek hidung, atau adanya benda asing dalam hidung.
        Mimisan sendiri bukan penyakit berat, tetapi jika anak sering mimisan
dan darah sukar berhenti atau kepalanya terpukul, segera bawa ke dokter.
        Yg. pertama-tama dilakukan :
- Jangan menghentikan darah dengan memasukkan sesuatu ke hidung. Kepala
anak ditundukkan, taruh wadah di bawahnya. Kedua lubang hidung ditekan
dgn. cara memegang hidungnya dgn. ibu jari dan telunjuk, tepat dibawah
tulang. Tekan selama 10 menit atau sampai perdarahan berhenti. Anak
dilarang menengadahkan kepalanya, karena darah dpt. mengalir ke lambung
dan menyebabkan muntah.
- Segera berobat ke dokter jika perdarahan tidak berhenti dlm. 30 menit
dan anak tampak pucat dan pusing ; atau jika mimisan sering kambuh
disarankan ke THT. Jika penyebabnya pembuluh darah yg. rapuh, bisa
dibakar ujungnya - dikauter- oleh spesialis THT.

Dari arsip balita-anda juga ada diskusi mengenai mimisan ini , kirimkan
e-mail kosong ke : [EMAIL PROTECTED]

Salam,
Rien.