dewi irmayanti wrote:

> Dear all,
>
> 1.. Putra saya  4 bln / 7kg / 64cm BAB 7 kali dalam waktu yang
> berdekatan serta berlendir darah( gumpalan kecil), menurut hasil lab
> (RSCM) = infeksi usus &  bakteri, menurut DSA susu sapi formula harus
> diganti susu soya & bubur preda
>   b.. Putra saya sering memasukan jari-jarinya ke mulut, bagaimana cara
> mengatasinya?

Mbak Dewi,
1. mungkin saja memang ada infeksi bakteri dalam pencernaannya. Apa
dokter tidak memberi antibiotik / obat lain utk. membunuh bakterinya ?
Dulu Ella diberi Kaopectate utk. diarenya. Memang biasanya, kalo ada
masalah dgn. pencernaan, utk. sementara susu diganti dgn. susu soya.
Sesudah sembuh (jika bukan karena intoleransi laktosa), bisa kembali
lagi ke susu yang biasa. Rasanya bukan dua hal yg. bertentangan.
2. usia segitu memang sedang senang-senangnya menggigit mbak. Kepuasan
bayi masih pada mulutnya. Dulu Ella cuma saya 'tampel' halus aja
tangannya, setiap dia mau memasukkan jari. Walaupun kadang2 dia coba2
ngisap jari, tiap2 diusahakan terus menjauhkan tangan dari mulutnya.
Ada juga yg. memberi plastik berisi cairan (gel?) yg. bisa digigit-gigit
(apa sih, namanya, ya...? Pigeon juga punya produk tsb.), yg. bisa
disterilkan.
--
    \\\
    ( o>    Salam,