[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Dear netters semua,
> anak saya "annisa" baru berumur 18 hari, mulai kemarin sudah masuk ke
> rumah sakit karena tubuh dan matanya terlihat agak kuning, menurut
> DSA-nya bisa berbahaya dan tadi pagi diterapi sinar.

Pak Taufik,
(semua yg. dibawah ini kalo ingatan saya masih lancar... :-))
: kondisi spt. ini disebut hiperbilirubin (ikterus). Bilirubin sendiri
merupakan produk dari empedu (atau hati ?). Karena kadang2 fungsi hati
bayi masih belum sempurna (apalagi pada bayi lahir prematur), kadar
bilirubin dalam darah bisa sangat tinggi pada beberapa bayi, dan
menyebabkan kulit / mata berwarna kuning. Kadar bilirubin yg. tinggi ini
sangat berbahaya, karena bisa merusak organ tubuh yg. lain. Itu sebabnya
dokter menyarankan utk. dirawat inap dan diterapi sinar.
Biasanya dirawat dengan sinar Ultraviolet di dalam inkubator. Sesudah
pulang, bayi juga disarankan utk. sering2 'berjemur' di sinar matahari
pagi.
Setahu saya, banyak kok Pak, bayi yg. lahir dalam minggu2 pertamanya
kuning, dan diterapi sinar, sesudah itu mereka baik-baik saja. Semoga
ikterusnya Annisa cuma karena penyesuaian fungsi hati sesudah lahir, ya
Pak.
(Seingat saya ada 2 jenis ikterus, satu yg. 'normal' pada bayi baru
lahir, satu lagi memang karena memang ada yg. 'salah' pada fungsi
hatinya.)
--
    \\\
    ( o>    Salam,