wesmih wrote:
Dear Mamanya Ella,

> Saya baru tau lho kalau pemberian makanan padat dibawah 4 bulan bisa
> menghambat kecerdasan anak (serem juga ya)

Mamanya Juan,
iya, saya juga baru tahu setelah baca artikel itu. Kenapa bisa begitu dan
sejauh mana efeknya, nggak tau juga, bu. Mungkin maksudnya, karena zat2 gizi
di biskuit / bubur tidak dicerna dengan sempurna (karena belum ada enzim
maltose tadi), sementara susu yang jadi asupan utama (sumber protein, vitamin,
asam amino dllnya yang penting utk. perkembangan otak, yang jelas-jelas tidak
ada di biskuit / karbohidrat lainnya) jadi berkurang porsinya karena sudah
terisi sama makanan padat, begitu ?
Kelihatannya sih, dari pengalaman rekan2 lain yg. saya baca, mulai makan padat
juga dianjurkan dari 4 bulan-an. Supaya lebih pasti, mungkin bisa ditanyakan
dengan DSA atau ahli gizi ? Atau, kalo ibu punya nomer telepon bebas pulsa
produsen susu formula (Lactogen - Nestle, S26 - Wyeth, Enfa - Mead Johnson,
biasanya ada di kemasannya), bisa dicoba hubungi, di sana pasti ada ahli
gizinya. Mungkin bisa dapat penjelasan lebih lanjut.
--
    \\\
    ( o>    Salam,