Rekan netters,

saya perhatikan seringkali kita membutuhkan informasi mengenai topik yg.
pernah atau sering sekali dibahas di milis ini. Akibatnya, informasi
jadi berulang terus di topik yg. sama. Memang sih, keanggotaannya
berubah terus, dan 'pendatang baru' belum tentu punya arsip dari
diskusi2 sebelumnya.

Tapi, ada cara yg. lebih efektif sebenarnya (dan tercantum di mail awal
waktu kita subscribe). Yaitu dengan memanfaatkan index message di milis
kita ini. Misalnya, sebagai 'newcomers' yg. baru subscribe sekitar april
2000, saya tidak tahu apa saja yang sudah didiskusikan selama ini. Lalu
saya kirim message kosong ke : [EMAIL PROTECTED]
Saya mendapat 1000 judul message dgn. banyak topik yg. menarik. Saya
pilih satu topik, di message nr. 799 mengenai Memilih Merek Susu, dan
saya kirimkan lagi ke [EMAIL PROTECTED]  Dan saya
mendapatkan 40-an e-mail dalam attachment dgn. diskusi mengenai susu
formula tsb, dari bulan februari '99. Cepat, kan...? Dengan demikian,
saya menghemat waktu rekan2 'senior' utk. tidak menjawab pertanyaan saya
yg. mungkin sudah ketemu jawabannya di sana. Yah... kalo belum ketemu
juga, baru nanti saya tanyakan lagi ke milis.

Keuntungannya : informasi yg. kita dapat lebih cepat, lebih banyak
macamnya, lebih terangkum, lebih jauh rentang waktunya. Juga dgn.
demikian, tidak membebani server rekan2 dgn. pertanyaan yg. 'itu-itu'
juga. Lainnya : kualitas milis kita bertambah, karena pertanyaan /
masalah yg. didiskusikan semakin bervariasi utk. jumlah messages yg.
lebih 'hemat'.

Tentu saja ada kekurangannya : e-mail dgn. subject yg. sama, walaupun
isinya sudah 'mampir' kemana-mana, juga ikut masuk dalam satu bundel
thread yg. kita minta... Atau, isi e-mail dgn. subject yg. menarik
ternyata hanya satu baris saja (one liner)... Saya pernah minta message
dgn. thread berjudul : "Meningkatkan kecerdasan Anak", ternyata dari
60-an mail yg. 'terjaring' hampir semua isinya adalah permintaan
dikirimin artikel dgn. judul tsb.- yg. sayangnya diminta ke jalur umum
milis...

Demikian sekedar saran.
--
    \\\