Mbak Erny,
soal anak panas karena ditinggal papanya, mengingatkan saya pada masa kecil.
Saya memang sangaaaat dekat sama ayah saya. Waktu itu sekitar umur 3.5 tahun,
ayah saya tugas luar dan 'berjanji' 1 minggu sudah pulang. Ternyata sampai
lebih 20 hari (waktu itu saya inget bilang ke ibu saya:"semua jariku udah abis
dihitung, kok papi belum pulang juga...") masih belum bisa kembali. Dan
akhirnya panas tinggi. Akhirnya ayah saya permisi pulang, dan seharian
(bener-bener seharian !) saya digendong terus pake kain ! Makan dipangkuan,
tidur juga digendong. Baru panasnya turun dan normal kembali.
Kalo dia masih rewel, mungkin karena cari perhatian saja, 'menebus' hari-hari
kemaren waktu papanya nggak ada. Dulu-dulu mungkin belum begitu mengerti, tapi
makin gede kan makin bisa merasakan 'perpisahan'.  Ella anak saya (15 bulan),
waktu papinya tugas luar beberapa hari, dia demam sih tidak, cuma waktu mau
tidur malam suka melamun kayak nungguin papinya ikut masuk. Sesudah papinya
pulang, dia nempeeeel terus, malah spt. 'melupakan' saya... Tidur juga nempel
di sisi papinya. Sesudah beberapa hari, baru biasa lagi.
Soal anak rewel, kayaknya lihat2 sikon Mbak. Kadang2 saya kerasin, kadang2
dibujuk dan dialihkan, kadang dibiarkan... Saya pikir, seusia anak kita
mungkin sudah mulai masuk masa2 sulit temper-tantrum ?

Salam,
Rien.