Mbak Chacha,
syukurlah kalo sudah berkurang cemasnya.
Ini artikel lengkapnya spt. yg. saya janjikan dari buku tsb.
Semoga berguna.

Salam,
Rien.
----------

hal. 177.
Hampir semua bayi tampaknya mempunyai kaki yang bengkok dan jari kaki melebar
seperti burung dara. Ini disebabkan karena lengkungan pemutaran kaki yang
normal pada bayi yg. baru lahir dan karena ruang yg. sempit di rahim
seringkali menekan satu atau dua kaki ke posisi yg. sulit. Ketika ia lahir,
setelah berbulan-bulan berada dalam posisi tsb. maka kakinya masih bengkok
atau sepertinya melipat ke dalam.
Pada bulan2 mendatang, di mana kaki mereka mengalami kebebasan dan ketika ia
mulai belajar bangun, merangkak dan berjalan, maka kakinya akan mulai lurus.
Ini hampir selalu terjadi tanpa bantuan pembalutan dengan gips, atau
penggunaan sepatu khusus spt. yg dulu sering dilakukan. Mungkin inilah
sebabnya perawatan serupa yg. sekarang dianggap tidak effektif dulu tampak
seperti selalu berhasil 'mengobati' keadaan.
Untuk memastikan bahwa bukanlah kelainan yg. menjadi penyebab masalah kaki
anak anda, utarakan kekhawatiran anda ini pada dokter. Jika tampaknya kaki
bayi anda tidak akan melurus sendiri, mungkin kelak akan diperlukan pembalutan