[EMAIL PROTECTED] wrote

> spt

Mengenai gondongan, ini saya salinkan dari buku : _Perawatan Bayi dan Anak_,
Dr. Miriam Stoppard, hal 125 :

Gondongan
Penyakit infeksi ini sering menyerang anak2, terutama usia 2 tahun ke atas.
Penyebabnya virus dan masa inkubasinya antara 17-28 hari. Satu hingga dua hari
sebelum gejala utama timbul, anak tampak sakit. Kelenjar ludah di depan dan
belakang teliinga serta dagu membengkak, anak demam, hingga wajah berubah.
Mula-mula satu sisi, lalu keduanya; atau kedua sisi sekaligus. Merasa nyeri
ketika menelan dan anak mengeluh mulutnya kering karena kelenjar tidak
mengeluarkan ludah lagi. Gejala lain yg. jarang terjadi adalah pembengkakan
dan nyeri pada testis; ovarium membengkak dan pada anak perempuan sakit di
daerah perut.

Penyakit berat ?
Gondongan merupakan penyakit ringan. Tetapi, kalau setelah 10 hari anak
mengeluh sakit kepala yg. hebat dan kuduknya kaku, mungkin terjadi komplikasi
yg. berat, yakni ensefalitis atau meningitis.

Apa yg. pertama saya lakukan ?
1. Ukur suhunya. Kalau demam dikompres.
2. Beri makanan cair. Makan dengan sedotan jika sukar menelan.
3. Anak harus banyak minum dan disuruh kumur-kumur utk. menghilangkan rasa
kering dalam mulut.
4. Anak ditidurkan, letakkan botol air panas yg. dibungkus dengan handuk di
bagian yg. sakit.

Harus berobat ke dokter ?
Berobat ke dokter utk. memastikan diagnosis, atau jika anak merasa sakit pada
testis atau di perut bawah.
Segera berobat ke dokter jika setelah 10 hari keadaan anak memburuk dan
mengeluh sakit kepala hebat serta kuduknya kaku.

Apa tindakan dokter ?
- Penyakit ini tidak ada obatnya. Dokter akan menyarankan agar anak tidak
sekolah dulu sampai lima hari setelah bengkak hilang.
- Kalau testis bengkak, dokter akan menyuruh anak istirahat di tempat tidur
sampai bengkaknya hilang. Mungkin akan diberikan sirup parasetamol utk.
mengurangi nyeri testis (anak laki2) atau nyeri di bagian bawah perut (anak
perempuan)

Apa yang dapat saya bantu ?
- Berikan makanan cair supaya mudah ditelan.

Yg. lebih 'ilmiah', saya dapatkan dari CDC homepage: www.cdc.gov, di bawah ini
kutipannya, sekaligus menjawab apa benar gondongan bisa menyebabkan kemandulan
(sterilitas) pada laki-laki :

Mumps
Clinical Characteristics
Persons in whom “classical” mumps develops have bilateral or (less commonly)
unilateral parotitis, with onset an average of 16–18 days after exposure.
Parotitis may
be preceded by fever, headache, malaise, myalgia, and anorexia. Only 30%–40%
of
mumps infections produce typical acute parotitis; 15%–20% of infections are
asymp-tomatic
and up to 50% of infections are associated with nonspecific or primarily
respiratory symptoms ( 29,30 ). Inapparent infection may be more common among
adults than children; parotitis occurs more commonly among children aged 2–9
years
( 30,31 ). Serious complications of mumps infection can occur without evidence
of
parotitis ( 29,32,33 ).
Most serious complications of mumps are more common among adults than
among children ( 29,34 ). Although orchitis may occur among up to 38% of
postpuber-tal
men in whom mumps develops, sterility is thought to occur only rarely ( 35 ).
Aseptic meningitis affects 4%–6% of persons with clinical cases of mumps and
typi-cally
is mild ( 29,36–38 ). However, mumps meningoencephalitis can cause permanent
sequelae, including paralysis, seizures, cranial nerve palsies, aqueductal
stenosis, and
hydrocephalus ( 39–41 ). In the prevaccine era, mumps was a major cause of
sensor-ineural
deafness among children. Deafness may be sudden in onset, bilateral, and
permanent ( 42–44 ).
Among women in whom mumps develops during the first trimester of pregnancy,
an increased risk for fetal death has been observed ( 45 ). However, mumps
infection
during pregnancy is not associated with congenital malformations ( 46 ).

Semoga bermanfaat.
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^