watini wrote:

> Dear netter,
>
> Mohon informasinya jika tahu dan pernah mengalami :
> 1. Apa radang Bronchithis itu, penyebab utamanya apa,
> kebiasaan-kebiasaan
> apa yang
>    bisa menimbulkan radang Bronchithis, bagaimana mengatasinya.
> 2. Efek apa selanjutnya setelah Radang Bronchithis.

Kebetulan saya tadi pagi bawa buku 'primbon' saya itu (_Perawatan bayi dan
anak_) ke kantor, dan menjelang weekend ini tidak ada load kerja, saya
salinkan saja, ya Bu. Semoga membantu.
--------
Bronkhitis

Bronkhitis adalah radang pada dinding saluran napas besar yang menuju ke
paru-paru. Kelainan ini dapat terjadi akibat infeksi ringan pada saluran nafas
atas, seperti batuk pilek atau sakit tenggorokan yg. menyebabkan daya tahan
tubuh anak menurun. Infeksi yang dapat berupa kuman atau virus mengakibatkan
pembengkakan dinding saluran nafas dan pembentukan lendir. Juga terjadi batuk
kering dan setelah satu dua hari akan terbentuk dahak. Jika dahak tertelan,
anak akan memuntahkannya kembali.

Penyakit berat ?
Pada anak berumur di atas satu tahun, bronkhitis bukan merupakan penyakit
berat. Tetapi, kadang2 dapat terjadi napas mencicit dan muntah-muntah hebat
sehingga anak harus dirawat.

Kemungkinan gejala
- suhu meningkat
- batuk kering terus-menerus yg. berubah menjadi batuk basah yg. disertai
pembentukan dahak hijau kekuningan
- nafas cepat, lebih dari 40x per menit, disertai suara mencicit
- nafsu makan menghilang
- muntah dgn. batuk
- bibir dan lidah membiru

Apa yg. pertama saya lakukan ?
1. Jika anak baru sembuh dari batuk pilek, sinusitis, gatal di tenggorokan
atau infeksi telinga, ukur suhu tubuhnya. Jika demam, ukur suhu tubuhnya tiap
4 jam. Kalau suhu mencapai 38C, anak dikompres atau berikan sirup parasetamol.

2. Jika batuk terus, lihat apakah ada dahak. Kalau ada, suruh anak
membatukkannya. Kalau tidak bisa, baringkan di pangkuan anda, dan tepuk-tepuk
punggungnya ketika batuk.
3. Terus tawari minum meskipun menolak. Anak harus banyak minum supaya tidak
dehidrasi.
4. Kalau ada dahak, jangan memberikan obat penekan batuk paten, karena dahak
harus dikeluarkan.
5. Anak ditenangkan, disuruh diam dan dihangatkan.

Harus berobat ke dokter ?
Segera panggil dokter atau bawa ke RS terdekat jika nafasnya sesak, dada
tertarik setiap menarik nafas, atau lidah dan bibirnya membiru. Keadaan ini
harus ditangani sebagai kasus gawat darurat.
Segera berobat ke dokter jika infeksi saluran napas atas memburuk.

Apa tindakan dokter ?
- Jika anak sangat gelisah karena sukar bernafas atau muntah, dokter akan
mengirim ke RS spy. dapat diberikan oksigen atau diinfus utk. mengatasi
dehidrasi.
- Kalau ada infeksi, dokter akan memberikan antibiotik. Kalau bronkitis
disebabkan virus, dokter akan menerangkan ttg. caraperawatan pada bronkhitis
karena virus tdk. ada obatnya.

Apa yg. dapat saya bantu ?
- Anak tidur dalam posisi setengah duduk supaya dia lebih mudah bernafas.
- Anak harus tenang; berlari kian-kemari dan terlalu gembira dapat menyebabkan
serangan batuk dan muntah.

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^