Mbak Dinah,
Itu tandanya gemes, campuran antara rasa kehilangan,
senang,kangen dan perasaan lain yang tidak bisa dia
handle dengan baik, wajar untuk anak yang ditinggal
seharian oleh ibunya. Kalau dia gigit sebaiknya kita
tidak menunjukkan marah atau emosi, cukup bilang
"Kangen ya sama mama, kalau kangen mamanya dipeluk
dong, atau di cium, kalau digigit kan tangan mama
sakit" mungkin ini perlu berulang kali diingatkan
sambil sesekali menunjukkan sikap kita kalau gemes
misalnya "Mama gemes deh sama Rakhan, kangen sih
seharian nggak ketemu, sini mama cium/peluk" dengan
demikian anak bisa belajar bagaimana mengkomunikasikan
perasaannya dengan baik.
Dulu Dafi juga begitu, kalau lagi gemes suka mukul
muka mama/papa, juga kalau lagi seneng dia mukul
mukanya sendiri, tapi lama-lama dia bisa
mengekspresikan perasaan dengan perbuatan yang lebih
halus (memeluk, mencium).
Selamat dicoba ya.

Mamanya Dafi