"Rukmi, Rukmini AIS" wrote:

> mbak saya kok bingung yach, di bilang susu instant dan SKM  itu
> mengandung gizi yang rendah, yang di maksud dengan gizi rendah ini
> katagori gizi yang mana ? soalnya sepengetahuan saya susu adalah makanan
> yang mengandung gizi terlengkap di bandingkan dengan yang lain terlepas
> itu sudah diolah atau belum. Trus kalo kita mau mengkonsumsi susu, susu
> yang mana harus kita pilih.(persepsi saya tentang gizi rendah ini untuk
> semua usia)saya tunggu penjelasannya, soal nya saya merasa rugi nih
> sebagai konsumen susu instant.

Rekan-rekan,
Sepertinya ada ketidaksamaan istilah, ya..? Menurut saya sih, instant itu
berarti segera, dalam arti susu itu bisa disajikan segera, dikocok segera
larut. Jadi Dancow bubuk (sekedar contoh) full-cream yg. nggak ada tulisan
instant-nya itu - kalo diaduk dengan air tidak akan bisa larut seluruhnya,
tapi malah bergumpal-gumpal, harus dilumatkan dengan sendok baru bisa terlarut
semua - itu bukan susu instant. Gizi-nya tentu didasarkan pada kebutuhan
sesuai usia. Susu instant utk. anak balita (spt. Dancow Balita, Bendera 1-2-3)
tentu gizinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak balita. Cuma saja tidak
se-njelimet susu formula lanjutan utk. 1 tahun ke atas. Saya perhatikan susu
formula lanjutan 1 tahun ke atas itu kelebihannya ya karena banyak ditambahkan
'pernak-pernik' spt. DHA, Taurine, Laktulosa, dlsbnya. Susu instant utk. orang
dewasa ya macem-macem juga, ada yang senang full-cream, ada juga yang mau
low-fat, ada yang mau pake rasa macem-macem, ada yg. kalsiumnya extra tinggi,
dlsbnya. Mbak tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Jadi kalo menurut saya sih, susu instant bukan berarti rendah gizi. Tapi
memang relatif lebih rendah kalo dibandingkan dengan susu formula.

Susu kental manis, spt. yang dijelaskan mbak Lexsha, memang kurang bergizi.
Susu ini cuma sebagai tambahan pemanis (mis. utk. susu, kue, pudding, dll)
Kalau mau diminum juga tidak apa-apa, tapi bukan diharapkan sebagai sumber
gizi. Itu sebabnya tidak boleh utk. bayi.
Ini saya kutip dari Newsletter Tipworlds [[EMAIL PROTECTED]]  ; semoga
berguna.

------------
TODAY'S TIP: CONCENTRATED MILK PRODUCTS

--written by Lindsay Edwards

Have you ever wondered why concentrated milks are produced? What are
they for? Condensed milk and evaporated milk are the two types of
concentrated milk products. Here are the main differences between the
two:

Condensed milk has 50 to 60 percent of its moisture removed. Fat-free
condensed milk has no fat, but a lot of added sugar. In fact, just one
cup of fat-free condensed milk contains 13 tablespoons of sugar. You
ordinarily use condensed milk to bake desserts, candies, pies, and
puddings. You can also use it to sweeten coffee.

Evaporated milk also has 50 to 60 percent of its moisture removed.
However, fat-free evaporated milk has no added sugar. You often use
evaporated milk to add creaminess to soups and sauces.

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^