Jihane Soleha Muhammad wrote:

> dan sudah lebih dari 1 bulan, saya telah membawa ke 3 dokter, hasil
> diagnosa berbeda-beda, terakhir bayi saya diterapi, tapi tidak membawa
> hasil,
> akhirnya ia didiagnosa asma ringan dan disuruh mengganti susu formulanya
> dengan soy-based-milk dan menjauhi berbagai alergen(debu, kapuk, AC,
> Bulu..dsb)

Mbak Jihane,
anak saya (19 bl) juga begitu - sudah hampir 2 bulan sekarang, diawali oleh
batuk pilek...:-(
Juga ganti2 dokter, soalnya saya nggak puas karena nggak sembuh-sembuh juga...
Akhirnya saya bawa ke Pulmonog Anak. Diagnosa-nya ya sebenernya sama saja
semua... batuk alergi. Tapi penjelasan dari Pulmonolog saya rasanya lebih
komplit - mungkin karena bidangnya, ya...?

Beliau bilang, anak saya sedang pada tahap Hyper Reactive Bronchus (HRB),
dimana bronchusnya 'rajin' banget bereaksi thp. sesuatu. Katanya HRB merupakan
kelanjutan dari adanya inflamasi (suatu peradangan tanpa infeksi) pada
bronchus (saluran nafas) yang berkepanjangan ; mungkin bahasa awamnya batuk
pileknya nya kelamaan, gitu 'kali yaa...?  Bila kondisi membaik dan anak
dijauhkan dari pemicu alergi-nya, tidak akan berlanjut ke asma yg.
beneran.Waktunya bisa lama dari HRB ke asma, karena katanya asma puncaknya
terjadi pada umur 2 tahun ke atas. Jadi supaya jangan sampai ke asma, harus
dilakukan pencegahan2 spt. yg. dijelaskan rekan2 tadi. Apa mungkin HRB ini
yang disebut asma ringan oleh dokternya Ibu Jihane ?

Hal2 yang saya lakukan selain menjauhkan alergennya - dan sepertinya membantu
membuat lega dan enak tidurnya : pagi2 dijemur di matahari pagi, tidak boleh
beraktifitas terlalu banyak (terengah-engah) - bayi sih nggak bakalan
terengah-engah yaa.....-, dipijat punggungnya dan dadanya sambil dibaluri
balsem. Mungkin utk. bayi ibu sebaiknya ikuti buku Pedoman Pijat Bayi-nya Dr.
Utami, deh.

OK, semoga si kecil lekas sembuh.

Rien.

_/)(\_     |~          Salam,