For info,

Yahoo! Messenger - Talk while you surf!  It's FREE.
http://im.yahoo.com/

Kemunculan autisme memang ada 2 macam,. Ada yang sejak awal sudah
menunjukkan gejala keterlambatan komunikasi baik verbal (bicara ) maupun
non verbal (komunikasi dengan mimik). Jenis yang lain adalah anak yang
tadinya normal, tiba-tiba umur 1,5 tahun mengalami kemunduran dan bicara
serta komunikasi menghilang.

Bila dilihat statistik yang dilaporkan, jumlah kasus yang sejakawal
sudah menunjukkan keterlambatan tidak menunjukkan peningkatan dari tahun
ke tahun, tetapi kasus yang muncul setelah 1,5 tahun menunjukkan
kenaikan angka kejadian. Hal inilah yang menyebabkan adanya kecurigaan
vaksin MMR sebagai penyebab karena waktunya bersamaan.

Suatu teori menyatakan bahwa kuman campak yang ada di dalam vaksin MMR
menyebabkan gangguan pada usus, sehingga susu dan gandum yang dikonsumsi
menjadi sesuatu yang berbahaya bagi otak. Jadi hubungan vaksin MMR bukan
air raksa di dalamnya. Teori ini belum dibuktikan secara ilmiah, tetapi
sangat dipercaya oleh orang tua dari anak yang mengalami
autisme.Penelitian terakhir secara ilmiah menunjukkan bahwa vaksin MMR
tidak berhubungan langsung/ menjadi penyebab autisme.

Beberapa vaksin memang mengandung thimerosal (bukan tercemar tetapi
memang merupakan komponen pembuatan vaksin). Thimerosal ini
dimetabolisme manjadi air raksa, tetapi jumlahnya sangat kecil sehingga
sebenarnya dapat ditoleransi dengan baik. Para ahli memang memprotes
adanya thimerosal ini. Vaksin yang dibuat akhir-akhir ini sebagian besar
sudah tidak mengandung thimerosal lagi.

.Dari sekian banyak pasien saya yang menunjukkan gejala autisme (mungkin
puluha  orang), sangat sedikit pasien yang awalnya normal lalu mengalami kemunduran. Sebagian
besar, mungkin lebih dari 90% sebenarnya telah menunjukkan gejala sejak
awal.
Saya pribadi masih menggunakan MMR bagi pasien. Gunanya lebih banyak
dibandingkan efek samping. Vaksin tersebut bukan vaksin 'buangan',
tetapi sama jenisnya dengan yang ada di luar negeri.

Yang penting: Apakah perkembangan anak anda saat ini normal? Sudah dapat
jalan? Sudah dapat bicara 'mama' atau 'papa'?

Hardiono D. Pusponegoro

On Mon, 23 Oct 2000 10:40:55 +0700
Alan Tumbelaka <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Berita tsb tidak benar. Di Amerikapun saat ini dalam jadwal imunisasinya
> masih dianjurkan dan vaksin yang digunakan sama dgn yang kita gunakan
> disini selain ada juga yang buatan Perancis.
>
> Salam

> Mohon tidak mengirim posting untuk kepentingan komersial ataupun kepentingan organisasi lain selain IDAI.
> Untuk berhenti berlanggananan kirim email tanpa berita ke [EMAIL PROTECTED]

eGroups Sponsor