Mbak Lita dan Mbak Mia, ini saya dapat kiriman dari milis tetangga mengenai
myoma mudah2an berguna (inikan jawaban atas pertanyaan Mbak Mia). Istilah
kedokterannya uterine leiomyoma, kalau bahasa umumnya disebut Fibroid. Hal ini
juga pernah ditampilkan di Ayahbunda No. 16, cover Ines Tagor, rubrik kesehatan
umum, halaman 40. Kalau mbak2 atau rekan netter lainnya tidak sempat buka2
ayabunda, nanti akan saya coba tuliskan.

Salam

Intan

Myoma adalah suatu tumor jinak yang berasal dari otot rahim , karena itu
lengkapnya disebut myoma uteri untuk membedakannya dengan myoma dari
jaringan otot yang lain.
Ada tiga macam dilihat dari tempat tumbuhnya yaitu :
1.Myoma sub serosa, tumbuh keluar dinding rahim, bahkan bisa mempunyai
tangkai
2.Myoma intra mural, tumbuh didalam dinding rahim
3.Myoma sub mucosa, tumbuh kedalam rongga rahim, bisa juga bertangkai bahkan
sampai keluar kejalan lahir ( disebut myom terlahir = myom geburt )

Myoma uteri bukanlah kanker, tetapi bisa menimbulkan banyak masalah, a.l.
kemandulan, perdarahan melalui jalan lahir, akibat2 mekanis karena penekanan
tumor terhadap jaringan sekitarnya seperti usus, kandung kencing.
Karena itulah kerapkali harus diambil tindakan pengobatan terhadap myoma
tsb.
Cara pengobatan bisa operasi atau mengggunakan terapi hormonal atau
kombinasi keduanya.
Cara operasi bisa dengan :
1. tehnik konvensional laparotomi ( membuka perut)
2. bisa melalui vagina (biasanya untuk jenis submucosa)
3. tehnik laparoskopi, biasanya dikombinasikan dengan approach per vagina
 LAVH =laparocopy  assisted vaginal hyterectomy ); cara ini membutuhkan
peralatan2 khusus yang mahal dan keterampilan sang operator dalam tehnik
bedah endoskopi, tetapi menguntungkan pasien karena luka operasi yang kecil
dan waktu rawat yang singkat.
Cara pengobatan hormonal berdasarkan pengetahuan bahwa myoma sangat
dipengaruhi oleh hormon wanita yaitu hormon estrogen; karena itu
dipergunakan obat2 yang bersifat anti estrogen dan yang paling mutakhir
adalah GnRh analog yang sayangnya harganya mahal; tetapi perlu diingat bahwa
terapi hormonal tidak menghilangkan myoma tetapi hanya mengecilkan ukuran
myoma tsb!  Jadi keuntungan terapi hormonal adalah mempermudah tindakan
operasi khususnya bila dipilih cara laparoskopi; d.p.l. bila sudah tiba
saatnya maka myoma toh harus dilakukan operasi.  Masalahnya, kapan saatnya
untuk melakukan operasi pengangkatan myoma ?  Hal ini diputuskan setelah
mempertimbangkan faktor2 : usia pasien, fungsi reproduksinya, keluhan dan
akibat yang ditimbulkan oleh myoma tsb dan tentu saja keadaan sosio-ekonomi
pasien untuk menentukan pilihan cara pengobatan tentu juga dipertimbangkan
kemampuan operator dan sarana yang dimiliki oleh sang operator ).
Secara garis besar : bila fungsi reproduksi sudah selesai, ukuran myoma
cukup besar ( biasanya patokan yg dipakai adalah lebih besar dari kehamilan
12 minggu ), keluhan dan gejala yang ditimbulkan sudah mengganggu bahkan
membahayakan ( yang paling sering adalah perdarahan per vagina ) ; maka
sebaiknya diputuskan untuk melakukan operasi pengangkatan myoma tersebut
bahkan dengan mengangkat seluruh rahim yang sudah selesai fungsi
(reproduksi) nya !
Bila yang dibuang hanya jaringan myoma saja disebut tehnik myomectomy bila
dibuang seluruh rahim disebut hysterectomy; biasanya myomectomy dipilih
bila fungsi reproduksi masih diperlukan walaupun tidak semua myom bisa
dilakukan myomectomy saja dan terpaksa harus dilakukan total hysterectomy.

"Debby" <[EMAIL PROTECTED]> on 10/26/2000 07:48:22 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]