nining wrote:

> Gimana cara ngurangi susunya ? selama ini aya mau minum air
> putih, buah sudah 2 x sehari, tapi konsumsi susunya masih sekitar 1200
> cc-an
> sehari. Tapi dia yang memilih, kalau dia minta susu saya beri air putih
> dia
> menolak, (kecuali dia yang minta). Sebelumnya tks sharingnya.

Mbak Nining,
dsa saya juga tidak menyarankan diet, saya saja yang berinisiatif. Beliau cuma
bilang, hati2 kalau sudah naik 2 'kotak' dari grafik di buku penuntunnya (wah,
saya lupa berapa kilo lebihnya itu dari grafik teratas - 95%). Karena akan
cenderung jadi obesitas. Kasian anak cewek nanti 'endut'. Juga gampang sesak.
Buat Ella nggak susah ngurangin susunya... abis, dia biasa-biasa saja sih,
sama susu. Suka ya nggak, menolak ya nggak. Lebih suka air putih... Sebagai
perbandingan, cara saya menguranginya sbb :
Pagi 06.00            : 240cc --> 180
08.00 di cerealnya : 180cc --> 120
10.00                   : juice
14.00 sbl. bobo     : 120cc --> 120
16.00 ses. bobo    : 120cc --> air putih
19.00 sbl. bobo     : 120cc --> 120

Kalo Mbak Nining mau mengurangi, mungkin frekuensi pemberiannya tetap, tapi
jumlahnya pelan2 dikurangi. Kalau dia minta susu dan nggak mau diganti sama
air putih, ya dikasih susu tapi lebih sedikit dari biasanya. Sesudah itu kasih
bilasannya air putih agak banyak, biar dia nggak haus-haus terus. Kayaknya
kalo dia nggak haus dan lapar, otomatis dia nggak inget minta susu, kan...?
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^