"Nugraheni, Asty (KPC)" wrote:

> Anakku Ian ( hampir 8 bulan, BB 9 kg), sudah 3 hari ini muntah2x terus,
> setiap makan ataupun minum selalu dimuntahkan. Dan lagi, dia jadinya
> tidak
> mau makan ataupun minum.

Mbak Asty,
muntah adalah reaksi tubuh. Penyebabnya bisa macem-macem, dari mulai yg.
kelihatan (anak jatuh, mabuk kendaraan,dll) sampai yg. tidak kelihatan
(bakteri Salmonella - Rotavirus - dlsbnya, masuk angin, keracunan) dll. Kalo
Ian ditinggal sendiri dengan pengasuhnya di rumah, coba tanya lagi lebih
teliti apa kira2 yg. terjadi sebelum muntah-muntah ini.

Keponakan saya 17 bl. juga dibilang 'tidak ada apa-apa' sama dsa-nya, sampai
diinfus dan dirawat juga tidak bisa menemukan 'apa-apa' nya. Cek Lab semua
baik... jadi diagnosanya cuma : dehidrasi ringan, dan menginap di RS 4-5 hari.
Analisanya cuma itu : karena kurang higinis. Baby sitternya bilang, dia juga
'baik-baik saja' sebelum muntah2. Ternyata selidik punya selidik si anak kalo
makan harus sambil jalan2 ke luar... Nah mungkin waktu itu, pas daya tahan
tubuh sedang lemah, tidak bisa melawan kuman yg. ikut... Akhirnya sama mamanya
disetop sambil ditega-tega-in merubah kebiasaan makan anaknya, harus di dalam
rumah !

Utk. sementara sebelum dibawa lagi ke dokter, coba berikan sebanyak mungkin
cairan (tapi jangan jus !). Kalau dia mau minum Pedialyte (oralit, tapi buat
anak kecil - dijual bebas di apotik) bagus. Kalo nggak, apa boleh buat air
putih juga boleh. Yang penting harus masuk cairan, kalo tidak nanti dehidrasi
dan harus diinfus. Kalo susah minum lewat botol atau sendok, coba lewat pipet
/ dropper. Biarpun lama tapi daripada tidak sama sekali...? Biasanya sih
dokter menyarankan ganti ke susu soya atau rendah laktosa dulu.
Kalo sudah agak mau makan, kasih makanan yg. tidak berlemak (kaldu-kaldu-an
jangan dulu) biar gampang dicerna, pokoknya hanya utk. memasukkan glukosa dulu
ke dalam darah - supaya tidak lemas. Mungkin bisa dicoba biskuit milna
dilarutkan dgn. air hangat hingga hancur.
Yang terpenting, konsultasikan lagi ke dokter - bila perlu cari 2nd opinion.

Semoga membantu dan Ian cepat sembuh.
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^