Tiza Rachmawati wrote:

> Mama Nadine,
> Saya juga khawatir dengan artikel tersebut. Hanya saja setelah saya
> hunting
> dibeberapa supermarket, apotik, dll untuk melihat beberapa merek
> shampoo,
> kesimpulannya tidak ada yang tidak mengandung SLS. Shampoo dari dalam
> dan
> luar negeri, bahkan Seba Med pun mengandung zat tersebut.
>
> Mungkin kita perlu penjelasan lebih rinci lagi mengenai penggunaan zat
> tersebut. Apakah tingkat bahaya nya juga tergantung dari persentase zat
> [...]

Rekan-rekan,
saya sudah pernah dapat forward-an artikel tsb. lebih kurang 2 tahun yl.
Saya sih tidak terlalu cemas, karena selama tidak jelas sumbernya sikap
saya cuma satu : tidak ambil pusing. Mungkin terlalu ekstrim, yaa...
Kemudian muncul lagi posting forward-an yang menyanggah berita tsb.
Katanya SLS yang disebut di e-mail berantai tsb. bukannya SLS di
shampoo. Kalo disingkat memang sama. Saya lupa waktu itu namanya apa ?
Kalo tidak salah ingat yang beda ejaan adalah yang 'L'-nya. Ntar coba
kita lihat masing2 di shampoo, apa betul ejaannya Sodium Laureth Sulfate
atau lain.

Tapi karena penasaran, saya coba cari yg. namanya mirip-mirip di kamus
elektronik saya, hasilnya :

lauric acid (lôr´îk, lòr´-) noun
A fatty acid, CH3(CH2)10COOH, obtained chiefly from coconut and laurel
oils and used in making soaps, cosmetics, esters, and lauryl alcohol.

(dari : The American Heritage® Dictionary of the English Language, Third
Edition copyright © 1992 by Houghton Mifflin Company.)

Kalo ini salah satu bahan dasarnya, kayaknya nggak sedahsyat beritanya :
utk. menyikat lantai dlsbnya...
Ada yg. punya info lain...? Saya lagi tdk. bisa akses internet. Kalo ada
yg. waktunya lowong dan bisa search di internet, bisa juga cari tahu,
'makhluk' apa sih si SLS ini sebenernya, biar kita2 juga jelas...

Trims.

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^