From: mamanya Dafi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 16 Mei 2001 9:19
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Persalinan

Kelahiran normal adalah mulai 38 minggu sampai 42
minggu. Biasanya perkiraan lahir dari dokter adalah
saat usia kehamilan 40 minggu, jadi masih ada waktu
mundur 2 minggu.
Namun sebaiknya setelah lewat seminggu harus dipantau
secara ketat terutama :
1. Apakah gerakan bayi masih normal/ada?
2. Apakah ada kebocoran air ketuban
3. Apakah ada perubahan terhadap kesehatan ibu
(tekanan darah, sesak nafas, dll).
4. Apakah terdeteksi perubahan warna air ketuban

Jika tanda di atas ada maka sebaiknya segerakan proses
melahirkan, kalau perlu dengan induksi (diinfus) demi
keselamatan ibu dan bayi.
Selamat menunggu ya pak semoga semuanya lancar.

Mamanya Dafi