Mbak Misty,

pertanyaannya serem juga yach..tapi aku juga kok sudah ambil ancang2 gimana
kalau suatu hari si Dito tanya macam2 soal sex. Ceritanya aku ngumpulin
macam2 teori nih (baru teori aja) dari berbagai buku..soalnya anakku juga
baru 21 bln.

Jadi rasa keingin tahuan anak2 tentang alat genitalnya itu kira2 mulai umur
3 s/d 6 th, mulailah mereka "main dokter2an". Dan rasa ingin tahu mereka itu
murni scientific kok, bukan karena porno.

Bila kita memergoki anak2 "play doctor" sebaiknya kita bereaksi se-biasa
mungkin, jangan panik apalagi sampai memarahi dan menghukum. Karena
akibatnya ngga baik juga untuk dikemudian hari, bisa2 anak itu jadi tertutup
sama kita (ngga baik kan).

Jadi jelaskan saja bahwa kalau kamu perempuan kamu punya vagina dan kalau
laki2 penis (di buku aku itu dianjurkannya sih kita pakai terminologi yang
benar bukan perumpaan, tapi kalau ngga comfortable juga ngga apa2 kok pakai
perumpamaan). Sampai disitu stop saja, tidak perlu penjelasan yg rumit2. Dan
buat supaya dia mengerti bahwa subyek pembicaraan itu sifatnya private,
tidak untuk dibicarakan di muka umum.

Tergantung karakter orang tuanya juga ya, apakah konservatif atau lebih
terbuka soal menjelaskan masalah sex. Kalau ingin menjelaskan secara terbuka
lebih baik beli buku tentang Human Body yang khusus dibuat untuk anak2,
penjelasannya simpel dan mudah dimengerti.

Dan hati2 juga lho kalau si anak tiba2 tertarik secara berlebihan dengan
genitalnya, karena bisa jadi itu pertanda sexual abuse (amit2 ya
bu)....pokoknya jaman begini kita ngga boleh meleng deh, jangan sampai anak
kita belajar sex lewat jalur2 yg ngga bener,lebih baik bersumber dari kita
sendiri.

Sorry ya kepanjangan, saya seneng kok kalau ada yg bisa nambahin, buat jaga2
nih...

Cheers,
Mama Dito