Kalau menurut saya tergantung dari "budaya" kita dalam membesarkan anak.
Pada saat bayi berumur 7 bln, dia sudah mulai pintar "memanipulasi" ibunya.
Minta gendong bukan lagi semata2 karena sebab alami seperti pipis, lapar
atau rasa tidak nyaman.

Kalau kita menginginkan anak yang mandiri (tidak gendong melulu), sebaiknya
dibiasakan dari awal. Jika bayinya minta gendong, sebisa mungkin kita tunda
dengan cara mengalihkan perhatian dengan mainan atau kesibukan lainnya. Yang
penting juga jangan sampai menunggu anak menjerit2 baru digendong, karena
itu akan dijadikan "senjata ampuh" buat dia supaya akhirnya digendong.

Salam,
Mama Dito