> Mouna wrote :
> Wi, Tahu ngga batasan umur anak dikatakan buta warna, atau kapan dia
> biasanya sudah tahu warna?

Anak saya (2th3bl) sudah bisa warna2 yg. umum, spt
merah-hijau-kuning-biru-hitam-putih-orange. Ungu masih suka lupa. Abu-abu
dan warna2 bergradasi begitu masih belum ngeh. Dulu waktu 2 tahun memang
masih ngaco. Diajarinnya ya spt. yg. ibu-ibu katakan, berulang-ulang dikasih
lihat dan diberitahu. Begitu juga kalo mau memilih sesuatu (balon, kaos
kaki, baju, dll), kita 'paksa' dia utk. mengutarakan, mau warna apa ? Kalo
misalnya nggak cocok yg. disebut dgn. yg. ditunjuk, kita koreksi lagi...
Sekarang dia sudah tau arti masing2 warna pada lampu lalu lintas.

> Klu yg BW partial, saya kurang tahu deh!
BW partial hanya bisa diketahui lewat tes buta warna. Yang jelas, yg. dites
harus tau persis warna2 primer dan gradasinya, karena di lembar tes tsb,
kita melihat kumpulan titik2 berwarna macem-macem, dan ada pola tertentu
dalam setiap gambar. Meskipun kita tahu mana hijau, kuning-merah dllnya,
tapi ketika beberapa warna dan variasi gradasinya dicampur, baru yg. BW
partial mulai bingung...

Rien.