Makasih koreksi kalimatnya, tadi nulisnya buru2 maaf ya bikin bingung :

Aku ulangi deh.......ambil temu ireng sebesar satu ruas jari saja, kupas,
kemudian parut supaya keluar airnya, spt kelapa kalau diparut khan jadi
sedikit berair gitu lho..............
Terus parutannya tadi dioles di perut mengelilingi pusar/udel jadi ngga
diminumkan. Dilakukannya setiap habis mandi.
Temu ireng bisa dibeli di penjual jahe, kunyit, kencur, laos dll.
Belilah yg masih segar
jangan yg udah berwujud serbuk.

Kalau masih bingung nanti dijelasin lagi,